Puluhan Penerbangan Dialihkan ke Sepinggan Balikpapan Akibat Kabut Asap

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Akibat asap kebakaran hutan dan lahan yang menganggu jarak pandang, membuat pesawat boeing 737 dari Jakarta tujuan Tarakan terpaksa mendarat di bandara Internasional Sepinggan Balikpapan, Sabtu (14/09).

“Dari bandara Sepingan Balikpapan satu pesawat rute Jakarta – Tarakan boeing 737-800 NG terpaksa mendarat di Balikpapan di karenakan kabut asap di daerah Tarakan,” ujar General Manajer PT. Angkasa Pura I Balikpapan Farid Indra Nugraha.

Dia mengatakan, pesawat baru bisa kembali terbang ketika jarak pandang nomal diatas 1000 meter. Sejak Jumat (13/09), kemarin ratusan penumpang juga gagal terbang ke sejumlah daerah di Kaltim maupun Kaltara gara-gara kabut asap.

“Kalau cancel, pax (penumpang) gak mau wajib di kembalikan tapi sesuai prosesur airlines. Kondisi sampai asap hilang dan jarak pandang bisa aman diatas 1000 meter,” ujarnya.

Sementara data yang diterima inibalikpapan, sejumlah penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta ke sejumlah daerah di Kaltim maupun Kaltara juga terpaksa dibatalkan, karena asap kabut yang menganggu jarak pandang.

Begitu pun penerbangan dari bandara Sepinggan Balikpapan ke sejumlah daerah di Kaltim seperti Berau dan Samarinda dan Kaltara seperti Tarakan juga dibatalkan. Sejak beberapa hari terakhir, kabut asap memang menyelimuti Kaltim dan Kaltara. Kabut asap rata-rata dari Kalteng dan Kalsel. Sedikit ada 37 penerbangan yang dibatalkan karena kabut asap.

Rute penerbangan yang terdampak kabut asap

Begitu juga dengan penerbangan menuju APT Pranoto Samarinda juga dialihkan ke Balikpapan.  Sedikit ada enam penerbangan yakni Batik Air Cengkareng – Samarinda, dua penerbangan Garuda Cengkareng – Samarinda, Lion Surabaya -Samarinda dan Batik Air rute Yogyakarta Kulonprogo – Samarinda.

Comments

comments

Baca juga ini :  KPPU Surati Presiden, Rekomendasikan Pengendalian Stok CPO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.