Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan, Murni

Sebagai Penyangga IKN, Balikpapan Butuh Kolaborasi Dengan Daerah Lain

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Sebagai daerah penyangga IKN yang baru di PPU, Kota Balikpapan harus menyiapkan dari berbagai hal dan sektoral.

Kepala Bappeda Litbang Kota Balikpapan, Murni mengatakan, dengan adanya IKN tentunya akan ada pemindahan ASN yang jumlahnya mencapai 60 ribu tahun 2024, ditambah lagi perumahan yang mau dibangun dan bisa jadi peluang atau tantangan. Peluang bagi penyedia jasa dan tantangan bagi kota. 

“Balikpapan gak akan bisa jadi penyangga IKN sendiri, karena daya dukungan terbatas untuk menyediakan lahan yang luas. Jadi artinya bukan persaingan tapi kolaborasi dengan daerah lainnya,” ujar Murni, Sabtu (23/7/2022).

Tantangannya lainnya berbagai macam suku di Balikpapan dalam hal menjaga kondusivitas dari berbagai macam suku,  berikutnya daya dukung Balikpapan dengan luas terbatas 52 yang hanya boleh terbangun dan 48 lahan hijau.

“Paling penting juga soal sumber air baku dan persampahan serta ketahanan pangan, terutama air yang menjadi kebutuhan utama dan SDM dalam hal tenaga kerja di Balikpapan jumlah pengangguran masih tinggi diumur SMA,” pungkasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Kebutuhan Pembangunan Capai Rp 7 Triliun, Pemkot Balikpapan Hanya Sanggup Rp 1 Triliun

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.