vaksinasi booster di Kota Balikpapan

Sebulan Terakhir 50 Persen Pasien COVID-19 yang Dirawat di RS Bergejala Berat, Mayoritas Belum Vaksin Booster

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menteri Kesehatan (Menkes) budi Gunadi Sadikin Kembali mengimbau warga yang belum vaksin booster atau dosis ketiga agar segera.

Hal itu untuk mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat COVID-19, terutama di kelompok lansia. Bahkan dari data yang ada saat ini kelompok lanjut usia memiliki faktor risiko jauh lebih tinggi dibandingkan anak-anak.

“Vaksin ini sangat penting untuk melindungi kita terutama yang usia lanjut,” Ujar Menteri Kesehatan Budi G. Sadikin dalam siaran persnya

Menkes Budi mengatakan, perlunya vaksinasi karena mayoritas penyebab pasien COVID-19 dengan kondisi berat hingga kritis di rumah sakit dan pasien yang meninggal karena tidak divaksin atau vaksinnya belum lengkap terutama vaksin booster.

Bahkan data Kemenkes periode 4 Oktober hingga 8 November 2022 dari 27.081 pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit, hampir separuhnya sebanyak 10.639 pasien memiliki gejala sedang, berat hingga kritis, dimana 74% diantaranya belum mendapatkan vaksin booster COVID-19.

Sebanyak 1.373 pasien tercatat meninggal dunia pada periode yang sama, dimana 84% diantaranya belum mendapatkan vaksin booster COVID-19. Kematian tertinggi pada kelompok lansia dan 50% lansia ini belum mendapatkan vaksinasi.

“Kalau sudah booster, maka risiko kesakitan dan kematian karena COVID-19 turun jauh dibandingkan yang belum vaksin,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Pemerintah Perbolehkan Vaksin Sinopharm Digunakan untuk Booster

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.