Tes Antigen Acak di Bandara Sepinggan Tak Temukan Kasus Positif Covid-19

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Setelah melakukan tes antigen acak di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan beberapa waktu lalu, Satgas Covid-19 bersama dengan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan memastikan tidak ada yang positif Covid-19.

“Kami sudah lakukan tes acak antigen di Bandara SAMS. Total ada 92 penumpang dari Surabaya, Jakarta dan Jogjakarta sudah diperiksa dan hasilnya negatif,” ujar Kabid Keamanan dan Penegakan Hukum Satgas Covid-19 Kota Balikpapan, Zulkifli kepada media, Selasa (10/5/2022).

Hasil tes antigen ini, sebut Zulkifli jadi indikasi positif bahwa mudik periode tahun ini cukup aman. Selanjutnya, Satgas Covid-19 juga akan menggelar tes acak antigen di Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan.

“Kami masih menunggu jadwal kedatangan kapal, tapi tadi pagi informasinya Lanal Balikpapan juga menggelar tes acak antigen di Pelabuhan Semayang,” ujar Zulkifli.

Di sisi lain, Zulkifli berharap status PPKM Balikpapan bisa turun ke level 1 hari ini. Mengingat, sejauh ini kasus Covid-19 di Balikpapan terus menurun. Bahkan dalam beberapa hari tak ada penambahan kasus.

“Kalau melihat kasus sekarang ini seharusnya bisa di level 1 (PPKM). Maksimal ke level 2 lah,” ungkapnya.

Ditempat terpisah, Tes antigen acak terhadap mereka yang baru saja kembali dari perjalanan mudik Lebaran 2022 dilakukan oleh jajaran Lanal Balikpapan, Senin (9/5/2022) di Pelabuhan Semayang. Sasarannya adalah penumpang yang baru saja turun dari KM Bukit Siguntang.

Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (p) Rasyid Al Hafiz mengatakan, tes acak ini sebagai upaya deteksi dini penyebaran Covid-19. Sekaligus mencegah lonjakan kasus setelah Lebaran.

“Sesuai dengan instruksi pemerintah, kita lakukan tes antigen acak bagi penumpang kapal yang baru turun. Tentu tujuannya untuk antisipasi melonjaknya kasus pasca libur Lebaran di Kota Balikpapan dan Kaltim umumnya,” katanya.

Baca juga ini :  Orangtua Masih Ragu, Partisipasi Vaksin Campak dan Rubela Hanya 33 Persen

Rasyid menyebut, tes antigen acak dilakukan oleh Balai Kesehatan Lanal Balikpapan. Sebanyak 92 penumpang diambil sampelnya pada kegiatan tersebut. Hasilnya, semua negatif Covid-19.

“Semua hasil tes antigennya negatif. Mudahan dengan hasil ini Covid-19 bisa hilang dari Kota Balikpapan dan masyarakat bisa kembali normal dalam menjalani aktivitas sehari-hari,” tutupnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.