Petugas penggali kubur di TPU Kilometer 15 Balikpapan memakamkan jenasah covid-19
Petugas penggali kubur di TPU Kilometer 15 Balikpapan memakamkan jenasah covid-19

Vaksinasi Kurangi Risiko Kematian Karena Terpapar Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Mereka yang belum divaksin akan sangat beresiko jika belum divaskin. Pasalnya, risiko terburuk bisa menyebabkan pasien meninggal dunia.

Hal itu berdasarkan hasil penelitian dari data sampel rumah sakit rujukan Covid-19, RSPI Sulianti Saroso, terhadap pasien yang dirawat di ruang ICU dengan kondisi berat dan kritis.

Dari 12 sampel pasien Covid-19 yang dirawat dengan kondisi berat dan kritis, 6 pasien atau 50% belum vaksinasi. Tiga dari pasien yang belum divaksinasi itu meninggal dunia.

“Data ini kembali menunjukkan pentingnya vaksinasi untuk mengurangi risiko terburuk dari terpapar COVID-19, yaitu kematian,” ujar Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan.

Menurutnya, ada empat kelompok yang sangat rentan yakni lansia, anak-anak, memiliki komorbid dan yang belum divaksin. Ke empat kelompok tersebut yang perlu mendapatka perhatian

“Keempat kelompok inilah yang perlu diperhatikan dan kerap menjadi korban paling dirugikan di masa Covid-19 ini,” ujarnya

Selain itu lanjutnya, vaksinasi lengkap sangat penting untuk mempersiapkan diri dari kesakitan dan risiko dirawat yang lebih berat, hingga risiko kematian akibat Covid-19.

“Utamanya bagi kelompok masyarakat lanjut usia dan orang yang memiliki penyakit bawaan (komorbid), segera lakukan vaksinasi. Apabila sudah waktunya booster agar segera mengikuti vaksinasi booster,” ujarnya.

“Untuk yang memiliki komorbid, bisa berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Karena risiko kelompok rentan ini sangat besar apabila terpapar Covid-19.”

Comments

comments

Baca juga ini :  Vaksin Covid-19 Tahap Dua Terbatas, Berikut yang akan Divaksin di Balikpapan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.