Walikota
Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud

Wali Kota Ajak Apoteker Bantu Edukasi Masyarakat Dalam Penggunaan Obat

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Dalam rangka world pharmacist day 2022, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kota Balikpapan melaksanakan berbagai kegiatan di BSCC Dome, Minggu (25/9/2022).

Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud mengatakan, atas nama pemkot Balikpapan menyambut baik kegiatan ini dan memberika apresiasi kepada Ikatan Apoteker Indonesia Kota Balikpapan, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat Balikpapan.

“Pengalaman pada pandemi Covid-19 yang telah menunjukkan kepada kita bagaimana pentingnya peran tenaga kesehatan termasuk para apoteker dimana punya andil dalam menjaga kesehatan pasien melalui layanan ke farmasian,” kata Rahmad.

“Salah satunya dengan memberikan petunjuk penggunaan obat yang benar,” tambahnya.

Disinilah peran apatoker mengedukasi masyarakat terkait penggunaan obat agar tidak dapat digunakan secara sembarang, karena bukan kesembuhan didapat tapi malah sakit akibat kurangnya mendapat informasi.

“Diharapkan kedepannya agar para apoteker dapat menyusun program kerja yang berorintasi pada peningkatan kesehatan masyarakat,serta menjadi bagian mewujudkan masyarakat kota Balikpapan yang sehat dan produktif,” kata Rahmad.

Kepala Dinas Provinsi Kaltim, Jaya Mualimin mewakili pemrov Kaltim mengapresiasi kegiatan hari ini, dimana perlu menyadari pembangunan kesehatan sangat luas dan kompleks, sehingga perlu dilakukan kolaborasi disemua sektor kesehatan dan ada kontribusi yang nyata.

“Peran apoteker penting dalan kesehatan, dimana program promosi terkait dengan penyakit keanekaragaman hayati digunakan untuk penelitian seperti menjadi, jamu, herbal dan obat,” aku Jaya.

“Agar kita punyu kekuatan dalam pelayanan kesehatan dalam hal perbekalan obat farmasi, karena sebagai tenaga kesehatan dokter ibarat perang tanpa sejata bila tak ada obatnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Setiap tanggal 25 September 2022 diperingati sebagai “World Pharmacist Day/WPD”. 

Tema dan isu yang diangkat oleh FIP (International Pharmacy Federation) sebagai induk organisasi apoteker dunia dalam WPD 2022 ialah “Pharmacy united in acstion for healthier world,” untuk menunjukkan peran apoteker bersatu dalam suatu aksi untuk mewujudkan sustainable development goals (SDG’s) yaitu good health and wellbeing.

Baca juga ini :  DPRD Balikpapan Ajukan Raperda Inisiatif yakni CSR dan Larangan Penggunaan Kantong plastik

Pada perayaan WPD 2022, Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) mengajak kepada para apoteker atau anggota IAI berkolaborasi melalui kegiatan branding, edukasi, dan kompetisi untuk memperlihatkan kiprah Apoteker Indonesia dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat.

IAI akan menyelenggarakan rangkaian kegiatan WPD mulai 20 Agustus sampai dengan 31 Oktober 2022. Dalam memeriahkan semarak WPD 2022 ini, IAI mengharapkan partisipasi dari semua Pengurus Daerah IAI di seluruh wilayah Indonesia, untuk mewujudkan Apoteker bersatu dalam aksi menuju dunia yang lebih sehat.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.