Wali Kota Balikpapan Lantik Pengurus BPPD, Ingin Pariwisata Semakin Maju 

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com — Tak bisa dipungkiri sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan bagi Kota Balikpapan untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), untuk itu dibentuk dan dikukuhkan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan Keanggotaan Unsur Penentu Kebijakan BPPD oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud di Aula Kantor Wali Kota, Kamis (3/2/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Rahmad menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan dan diharapkan dalam menambah semangat untuk memajukan dunia usaha khususnya pariwisata yang ada di Kota Balikpapan.

“Selamat kepada kalian yang baru saja dikukuhkan, dunia pariwisata jauh sebelum pandemi Covid-19 sangat berkembang,  bahwa negara maju justru arahnya ke pariwisata, kita di Indonesia yang dianugerahi alam yang indah punya potensi besar untuk dikembangkan,” ujar Rahmad Mas’ud.

Rahmad menambahkan, dengan bersama-sama tentunya bisa memajukan kembali pariwisata dan inilah potensi yang akan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Saya berkomitmen dalam kepemimpinan saya akan mensupport 100 persen bagaimana dunia pariwisata di Balikpapan semakin maju, bila sarana dan prasarana kurang mari kita bicarakan bersama-sama, karena semua itu ada kaitannya,” kata Rahmad. 

Menurut Rahmad dengan majunya pariwisata maka perekonomian akan tumbuh seperti mal, hotel, UMKM yang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

“Mereka yang dikukuhkan agar mampu menghidupakan pariwisata, agar dapat menambah PAD Kota Balikpapan, bahwa seperti kita ketahui Balikpapan sebagai penyangga IKN, saya yakin orang akan turunnya di Balikpapan, tinggal di Balikpapan. Potensi kita untuk manfaatkan semua, kita ada pelabuhan dan Bandara internasional,” jelas Rahmad. 

Sementara itu, Ketua BPPD Kota Balikpapan, Joko Purwanto mengatakan, pembentukan Badan promosi ini sudah diamanahkan undang-undang Nomor 10 tahun 2009, dalam rangka membantu pemerintah daerah untuk menggerakan industri pariwisata, mengingat pariwisata ini sudah merupakan industri.

Baca juga ini :  Kenang Karir Junior, Bima Sakti Gelar Pertandingan Eksebisi

“Sebelum pandemi Covid-19 melanda, pariwisata sudah meningkat bahkan menduduki peringkat kedua pemasukam bagi negara setelah CPO, untuk itu dengan dikukuhkannya Badan Promosi Pariwisata Daerah Kota Balikpapan kita akan bangkit, yang sifatnya membantu Pemkot untuk mempromosikan pariwisata di Kota Balikpapan,” ujar Joko Purwanto.  

Apalagi sektor pariwisata menjadi salah satu program unggulan Wali Kita Balikpapan, mengingat pariwisata itu butuh kreatifitas, seperti diketahui menjelang IKN Kota Balikpapan akan jadi market dan teras untuk mereka yang datang ke Kota Balikpapan, berbagai even-even akan semakin ramai.

“Dalam hal promosi pariwisata buka hanya menjadi tugas kami, tetapi diharapkan semua OPD ikut terlibat. Contohnya Dinas Pertanian ada even nasional, bagaimana caranya agar bisa menarik even seperti itu ke daerah,” usulnya. 

Selain itu, Kota Balikpapan harus memiliki daya tarik, salah satunya bisa kuliner, sehingga akan menarik minat wisatawan untuk berkunjung, hal ini juga berimbas kepada mal, hotel dan restoran yang semakin ramai dikunjungin. 

“Kedepan kami ada program borneo travel mark untuk bisa mendatangkan wisatawan, termasuk melaksanakan event Balikpapan Great Sale (BGS) 2022 yang akan dibuka pada peringatan HUT Kota tahun ini, disamping promosi akan digencarkan ke daerah-daerah,” tutupnya. 

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.