Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meresmikan Kampung Tangguh Nusantara Wisata Pinisi di RT 32 Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota

Warga yang Masuk Kampung Ini Wajib Terapkan Potokol Kesehatan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Warga RT 32 Kelurahan Klandasan Ilir Kecamatan Balikpapan Kota bersyukur wilayahnya dipilih menjadi Kampung Tangguh Nusantara. Demikian disampaikan Ketua RT 32 Kelurahan Klandasan Ilir Sri Rahayu, Kamis (06/08).

“Kami berterima kasih kepada Polresta Balikpapan yang telah memilih kami menjadi Kampung Tangguh Nusantara,” ujarnya.

Dia mengatakan, RT 32 Kelurahan Klandasan Ilir sudah membentuk Kampung Siaga Covid-19 sesuai instruksi Gugus Tugas diantaranyabagi warga pendatang wajib menerapkan protokol kesehatan dan akses masuk juga dibatasi.  

“Yang pertama kami sudah melakukan penutupan jalan hingga akses yang masuk ke Kampung Pinisi hanya satu jalur sehingga semua warga yang masuk itu bisa terpantau dengan baik,” ujarnya.

“Yang kedua kami melakukan penjagaan, penjagaan ini dilakukan warga RT 32 mulai dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam denagn tamu yang datang harus memakai masker dan mencuci tangan sebelum masuk ke kampung kami,”

Kemudian, pihaknya juga membantu Pemerintah Kota Balikpapan maupun pihak swasta untuk menyalurkan bantuan dilingkungan. Pihaknya juga membangun rumah bibit untuk menyalurkan bantuan bibit dari Pemerintah Kota.

“Kami lakukan lakukan penanaman dengan menggunakan pekarangan yang ada dengan sistem potisasi atau polibek itu hasilnya bisa langsung digunakan oleh warga, baik cabe maupun sayuran,” ujarnya

RT 32 juga mulai membudidayakan ikan lele, meskipyn hasilnya belum terlihat. Namun terus berusaha. “Kami juga melakukan budidaya lele dalam ember kami sudah ada sekitar 5 ember, belum berhasil sih masih kecil-kecil ikannya,” ujarnya

Kata dia, RT 32 Klandasan Ilir merupakan Kampung Wisata atau dikenal dengan Kampung pPnisi dimana menawarkan lokasi yang nyaman untuk memancing maupun juga lokasi untuk berfoto karena memiliki spot yang bagus.

Baca juga ini :  Golkar Balikpapan Potong 14 Ekor Sapi

“Yang utama kami adalah Kampung Wisata disini menawarkan pemanvingan  dan spot kapal pinisi bisa dilokasikan lokasi untuk berfoto. Namun karena pandemi semnetara kami tutup,” ujarnya

“Harapan kami kedepannya agar Kampung Tangguh Nusantara ini bisa berjalan dengan baik kami masih butuh sentuhan arahan maupun  pembinaan kepada kami supaya bisa berjalan dengan baik.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.