Covid-19 / Ilustrasi

Waspada! Ada Varian Baru Covid-19 Lebih Ganas dari Varian Delta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah kini mesti waspada. Pasalnya, ada varian baru covid-19 yang lebih berbahaya dari varian delta.

Hal itu disampaikan Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman Dicky dalam diskusi Alinea Forum pada Selasa (14/9/2021).

Bahkan varian baru tersebut sudah ditemukan di Afrika Selatan pada Mei 2021 lalu. “Ada varian lagi namanya varian 1.2, varian ini luar biasa,” ujarnya dilansir dari suara.com jarngan inibalikpapan.com

“Varian 1.2 inilah yang mempunyai potensi mengalahkan Delta, semua mutasi dari Alpha, Beta, Delta, Gamma ada di varian 1.2,”

Dunia atau WHO mengkategorikan Varian C.1.2 ini sebagai Alerts of Further Monitoring atau varian dalam pemantauan sejak 1 September 2021.

Para ilmuwan menduga varian ini mudah menular dan membuat sensitivitas pada antibodi menurun karena banyak mutasi yang ada di dalamnya.

“Akan ada potensi varian yang lebih hebat dari Delta itu ada, dan ini masalah waktu untuk masuk ke Indonesia, untuk itu kita harus siap-siap,” ucap Dicky.

Sementara, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan varian ini belum masuk ke Indonesia, juga dengan varian yang sedang dalam pemantauan lain seperti varian Lamda dan Mu (Miyu).

“Ketiga varian ini, baik varian lambda, varian mu, maupun varian C.1.2 belum ada di Indonesia,” kata Budi

Varian Lambda pertama kali ditemukan di Peru pada Desember 2020 yang sudah tersebar di 42 negara, Varian Mu pertama kali muncul di Kolombia pada Januari 2021 dan sudah tersebar di 49 negara

Sedangkan C.1.2 ditemukan di Afrika Selatan pada Mei 2021 dan telah menyebar ke sembilan negara.

suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  PMI Balikpapan Salurkan 9 Ton Logistik dan Uang Rp300 Juta, Jangkau Tiga Kabupaten di Kalsel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.