Home / iniFLASH / Balikpapan Tambah 17 Unit Kendaraan Pengangkut Sampah
Dump Truck pengangkut sampah

Balikpapan Tambah 17 Unit Kendaraan Pengangkut Sampah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Tahun ini Pemerintah Kota Balikpapan melakukan pengadaan 17 unit kendaraan pengangkut sampah, yakni 6 unit amrol truk pengangkut sampah dan 11 unit dump truck pengangkut sampah.

“Tahun 2020 ini itu amrol truck sampahnya kita persiapkan ada 6 unit, kemudian dump trucknya kurang lebih 11 unit,” ujar Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan Subardiyono.

Menurutnya, nantinya kendaraan pengangkut sampah yang baru tersebut, akan menggantikkan kendaraan pengangkut sampah yang sudah tua. Karena  lebih banyak menghabiskan anggaran perbaikan maupun perawatan.  

“Nanti akan terbagi ke pantai, kemudian untuk menggantikkan kendaraan yang sudah tua-tua. Karena apa, dari pada banyak biaya perawatan ke bengkel mending ganti yang baru,” ujarnya

“Yang lama ini akan dicadangkan sewaktu-waktu jika kendaraan yang baru ini masuk ke bengkel mungkin ada perawatan atau ganti oli itu yang dimainkan,”

Paling lama April tahun ini kendaraan pengangkut sampah sudah tiba di Balikpapan. Anggaran pengadaannya menggunakan bantuan dana alokasi khusus (DAK) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat (PUPR) Rp 20 miliar.

“Kalau amrol itu nanti sekitar bulan Maret-April, sudah dilelang. Dump trucknya juga . Ada bantuan dari dana alokasi khusus pupr karena kita juara kedua tpa terbaik se indonesi , kalah dari Surabaya,” ujarnya.

Kata dia, saat ini jumlah amrol pengangkut sampah maupun dump truck pengangkut sampah milik Pemerintah Kota Balikpapan sebanyak 79 unit. Hanya saja, ada yang usianya sudah belasan tahun.  Sehingga ada yang diistirahatkan.

“Yang 79 unit itu konbdisnya ya ada yang dari 2006, makanya yang dari tahun 2000-an sekian kita istirahatkan dulu,” ujarnya

“Amrol pengangkut sampah penempatannya karena ada beberapas titik, di wilayah Balikpapan Timur di Perumahan Nelayan satu unit, PJHI satu unit, Jalan Siaga satu unit, Km 11, Km 15 dan Graha Indah,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Penutupan Jalan Memang Diperketat Agar Efektif

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memang perketat penutupan jalan utama maupun persimpangan. Langkah itu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.