Home / iniFLASH / Bappenas Targetkan Draft RUU IKN Selesai Akhir Desember

Bappenas Targetkan Draft RUU IKN Selesai Akhir Desember

BALIKPAPAN,  Inibalikpapan.com — Pemerintah pusat pada akhir bulan ini akan menyelesaikan draft RUU Ibu kota  yang baru. Sehingga dapat dikirim ke DPR untuk dilakukan pembahasan pada awal Januari 2020.

“Kami targetkan draft RUU IKN sudah selesai pada bulan ini, sehingga bisa diajukan ke DPR pada Januari 2020,” kata  Deputi Pengembangan Regional Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia  Rudy Soeprihadi Prawiradinata saat rapat dengan pemda soal IKN, Kamis lalu (12/12/2019).

Menurut Rudy pihaknya bersama DPR  akan menyelesaikan UU itu pada pertengahan 2020.

Untuk pembahasan draft RUU IKN masih terus proses  dengan melibatkan sembilan Pokja di Bappenas.

“Sembilan pokja yang dibentuk saat ini masih terus melakukan pembahasan untuk menyusun RUU IKN. Bukan hanya sekedar smart city, Presiden menginginkan agar IKN yang baru menjadi IKN The Best in Earth, kalau awal Januari ini sudah diserahkan ke DPR ditargetkan pertengahan 2020 sudah disahkan menjadi Undang-Undang,” ujarnya..

Lanjutnya target penyelesaian penyusunan draft RUU IKN ini untuk memenuhi rencana Pemerintah Pusat yang menargetkan pelaksanaan ground breaking pembangunan ibu kota negara yang baru pada tahun 2021 mendatang.

Terkait, masterplan IKN Rudy menyatakan akan melakukan penyusunan masterplan rencana ibu kota negara yang setelah pembahasan RUU IKN yang akan dijadikan dasar dalam menentukan desain pembangunan ibu kota negara.

“Masterplan kami susun setelah ada UU IKN, kalau sekarang yang disayembarakan dalam program urban desain hanya sebatas desain gambaran, namun akan tetap disinergikan dalam pembuatan masterplan nantinya,” ujarnya.

Masterplan ini  pihak melakukan lelang terbuka tidak hanya kepada masyarakat Indonesia namun juga memberikan kesempatan kepada warga internasional.

Bappenas juga akan melibatkan pemda, dan bappeda, swasta serta kelompok masyarakat lokal untuk mendukung dalam pelaksanaannya.

Selain itu, akan membentuk Forum Komunikasi Bappeda dalam mensinergikan konsep pembangunan ibu kota negara, sehingga dapat memberikan dampak positif kepada daerah di sekitarnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Setiap Persimpangan Dua CCTV Dipasang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memasang dua CCTV yang memiliki fungsi berbeda di sejumlah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.