Home / iniFLASH / Hari Ini Wali Kota Lepas 564 CHJ Asal Balikpapan
Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi

Hari Ini Wali Kota Lepas 564 CHJ Asal Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Wali Kota Balikpapan sesuai jadwal dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag)  akan melepas ratusan calon jamaah haji (CHJ) asal Kota Balikpapan di Masjid Madinatul Iman Balikpapan Islamic Cente, Selasa (16/07).

Kepala Seksi Urusan Haji Kemenag Kota Balikpapan H. Masrivani mengatakan, tahun ini sebanyak 564 calon jamaah haji asal Kota Balikpapan yang yang berangkat menuju Tanah Suci. Embarkasi Balikpapan tahun ini mendapatkan tambahan menjadi 32 kuota   

Tambahan kuota sempat menyulitkan koordinasi antar sesama pihak terkait karena terkesan mendadak. Balikpapan yang biasanya membagi jadwal keberangkatan sebanyak tiga kloter, tahun ini menjadi lima kloter.

“Biasanya kita cuma tiga kloter. Tetapi ada penambahan jadi pecahannya banyak jadi lima kloter. Jadwal nya saja baru fiks satu minggu ini. Samarinda itu terbagi enam kloter terpecah tiga tiga, Balikpapan Alhamdulillah meskipun terpecah lima masih dalam satu regu,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, akibat adanya penambahan kuota secara mendadak dan perubahan jadwal, Kemenag mencatat masih ada 65 paspor jamaah calon haji yang masih dalam proses visa. Masing-masing terbagi dalam kloter 11, kloter 13 dan kloter 15.

Khusus untuk kloter 11 sesuai jadwal akan masuk asrama Embarkasi pada 29 Juli dan berangkat menuju Jeddah pada 30 juli pukul 17:20 wita. Sedangkan calon jamaah haji asal Kota Balikpapan yang masuk kloter I berangkat pada 19 Juli berjumlah 450 orang  

Selain di kloter I jamaah haji asal Kota Balikpapan juga berada di kloter 4 sebanyak 49 orang yang akan berangkat pada 22 Juli. Kemudian juga kloter 11 sebanyak 16 orang. Kloter 13 sebanyak 16 orang yang akan berangkat pada 2 Agustus  

Sedangkan calon jamaah haji Buntuk kloter empat pada 22 Juli 2019 berjumlah 49 orang; Kloter 11 berangkat pada 30 Juli 2019 berjumlah 16 orang; Kloter 13 dan kloter 15 sebanyak 33 orang dan akan berangkan 5 Agustus.

“Pendamping haji ada lima orang, Kepala Kemenag Balikpapan, Pak Hakimin dan dari unsur Pemerintah Kota Balikpapan Pak Erni Ogan. “Kloter satu mendaratnya di Madinah. Sementara Kloter empat dan seterusnya dari Balikpapan langsung menuju Jeddah,” kata Ivan.

“Jadi kita lagi proses pengumpulan visa untuk jamaah di kloter 11,12 dan 15. Sesuai aturan harusnya kan istitha’ah baru lakukan pelunasan, tetapi Alhamdulillah jamaah tambahan ini semua dikatakan sehat dan layak untuk berangkat haji,”

Dia juga menghimbau kepada seluruh calon jamaan haji, untuk menjaga kesehatan dan stamina, serta tidak terlalu banyak aktivitas diluar. Dari Balikpapan ada tiga orang yang bertugas di Tanah Suci. Saat ini suhu udara disana mencapai 45 derajat.

Comments

comments

About glen

Check Also

PT Angkasa Pura I Gelar Rakornas Legal Sekaligus Sosialisasikan Aplikasi SIAP

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Sebagai wujud komitmen pelayanan hukum yang lebih komprehensif, Divisi Legal PT Angkasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.