Tahun ini Ada 530 Calon Jamaah Haji Balikpapan, Masih 12 Orang Belum Melunasi ONH

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kemenag Balikpapan mencatat hingga kini masih ada 12 calon jemaah Haji Balikpapan yang belum melunasi ongkos naik haji 2017.

Untuk Balilpapan 530 calon jamaah haji yang akan berangkat ke tanah suci Mekah. Rencananya kloter pertama dimulai pada 29 Juni 2017 mendatang.

“Sekitar 12 orang yang belum melunasi. Biasanya mereka karena sedang berada di luar daerah, meninggal dunia, serta mengundurkan diri,” ungkap Kepala Kemenag Balikpapan Hakimin,(28/4/2017).

Bagi yang belum melunasinya, beber dia, otomatis yang bersangkutan tidak bisa berangkat ke Tanah Suci Makkah untuk menunaikan rukun islam yang ke lima.

“Calon jamaah haji wajib melunasi ONH. Itu sesuai dengan keputusan Kementerian Agama RI,” ujarnya.

Jika dalam pemberangkatan calon jamaah haji tahun ini ada kekosongan kursi akibat 12 orang belum melunasi ONH, maka kekosongan tersebut akan diutamakan untuk calon jamaah haji lanjut usia (Lansia).

“Itu juga sesuai ketentuan dari pusat, kekosongan kursi itu diutamakan lansia. Tapi kita belum tau pasti apakah nantinya ada yang kosong atau tidak,” terangnya.

Bagi calon jamaah haji yang sudah melunasi ONH akan dilakukan manasik haji sebanyak 10 kali. “Ini masih disusun jadwalnya. Manasik dua kali di Kantor Kemenag dan delapan kali di KUA sesuai kecamatan masing-masing calon jamaah,” urainya.

Selanjutnya para jamaah dilakukan tes medis dan pembangian kelompok dan rombongan.

Kota Balikpapan mendapatkan tambahan kuota calon jamaah sekira 134 orang dari 396 jamaah pada tahun 2016 lalu menjadi 530 calon jamaah pada 2017 ini.

Penambahan kuota tersebut berlaku secara nasional setelah negara Arab Saudi mencabut pemangkasan kuota 20 persen setelah selesainya perbaikan Masjidil Haram Makkah.

Baca juga ini :  Blok Tahanan Lapas Balikpapan di Semprot Disinfektan

Adapun tahapan selanjutnya bagi calon jamaah haji yang sudah melunasi ONH akan dilakukan manasik haji sebanyak 10 kali. “Ini masih disusun jadwalnya. Manasik dua kali di Kantor Kemenag dan delapan kali di KUA sesuai kecamatan masing-masing calon jamaah,” sebutnya.

Pihaknya sudah menyusun jadwal keberangkatan calon jamaah haji Ba

Jadwal keberangkatan calon jamaah haji Balikpapan akan dibagi tiga kloter. Yaitu kloter satu, empat dan kloter 10.

Untuk kloter satu dengan kapasitas 455 calon jamaah yang mulai masuk asrama haji pada 28 Juli 2017 pukul 08.00 Wita, dan berangkat ke Makkah pada 29 Juli 2017 pukul 02.00 Wita.

Sedangkan untuk kloter empat sebanyak 32 jamaah mulai masuk asrama haji lada 1 Agustus 2017 pukul 17.00 Wita dan berangkat ke Tanah Suci Mekah pukul 20.20 Wita pada 2 Agustus 2017 depan.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.