Home / iniFLASH / Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Rampung Tahun Ini
Jalan Tol Balikpapan - Samarinda Diperkirakan rampung tahun ini (istimewa)

Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Rampung Tahun Ini

JAKARTA, Inibalikpapan.com  -Pemerintah optimis pembangunan jalan tol Balikpapan – Samarinda sepanjang 99,35 kilometer akan rampung tahun ini. Saat ini jalan tol pertama di Kalimantan itu pembangunannya sudah mencapai 85,7%.

Dalam rilis yang diterima inibalikpapan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono optimis rampung  tahun ini. Karena jalan tol Balikpapan – Samarinda merupakan salah satu prioritas pembangunan dalam empat tahun terakhir yakni 2015-2019

Jalan tol yang pertama kali dikerjakan pada 2010 lalu itu, terdiri dari lima seksi. Seksi I Balikpapan-Samboja sepanjang 22,03 kilometer saat ini dalam tahap konstruksi dengan progres sebesar 96,82% ditargetkan akan rampung pada April 2019.

Seksi II Samboja-Muara Jawa dengan panjang 30,98 kilometer dengan progres konstruksi sebesar 83,73% dan Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,50 kilometer progresnya sebesar 97,21%. Kedua seksi tersebut ditargetkan akan rampung pada Maret 2019,

Seksi IV Palaran-Samarinda dengan panjang 17,95 kilometer progresnya sudah mencapai 75,33% dengan target rampung Juli 2019 dan terakhir Seksi V Balikpapan-Bandara Sepinggan sepanjang 11,09 kilometer progresnya mencapai 68% dengan target rampung Agustus 2019.

Keberadaan jalan tol akan memangkas jarak tempuh Balikpapan – Samarinda yang sebelumnya 2 jam menjadi 1 jam. Jalan tol ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mengurangi biaya logistik sehingga mampu mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri yang bergerak di sektor kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian.

Pembangunan tol Balikpapan-Samarinda menelan anggaran mencapai Rp 9,9 triliun. Penganggarannya  dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) adalah PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda yang mengerjakan Seksi 2, 3, dan 4 dengan total sepanjang 66,43 kilometer.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Tahun Politik, Forkopinda Minta Masyarakat Menahan Diri

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan bersama, DPRD, Forum Pimpinan Daeragh (Forkopinda) menggelar rapat koordinasi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.