Situs Batu Megalitik Bondowoso / pusaka jawatimuran

Situs Batu Megalitik Diusulkan ke Unesco

BONDOWOSO, Inibalikpapan.com – Batu megalitik di Desa Makuning Kulon, Pujer, Bondowoso, Jawa Timur (Jatim) diusulkan ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com situs batu megalitik merupakan bagian dari 16 situs yang masuk Ijen Geopark. Selama ini, telah menjadi salah satu destanasi wisata pendidikan di Jatim.

Situs megalitik Maskuning Kulon berbentuk sebuah kompleks pemakaman, yang terbuat dari batu berukuran besar. Ada penyangga alias kaki di bawah, dengan tujuan agar jenazah zaman dulu tidak dimakan binatang buas.

Tak hanya itu, di dalam batu itu juga terdapat bekal kubur berupa perhiasan dan benda-benda bekal menuju alam nenek moyang. Megalit adalah batu besar, yang digunakan untuk membangun struktur atau monumen.

Megalit menjadi tanda utama keberadaan tradisi megalitik, tradisi yang muncul di beberapa tempat di bumi. Batu yang digunakan dapat berupa satu batu tunggal (monolit), tumpukan batu besar maupun kecil, atau susunan batu yang diatur dalam bentuk tertentu.

Sumber ; suara.com

Baca juga ini :  Jadi Bahan Penyelenggaraan Pemilu, KPU Balikpapan Laporkan Dokumen Risalah Ke Walikota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.