Home / iniFLASH / Jamban Sehat Garapan LPM Sumber Rejo Diresmikan, Ini Namanya

Jamban Sehat Garapan LPM Sumber Rejo Diresmikan, Ini Namanya

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pembuatan jamban untuk keluarga miskin di RT 34 kelurahan Sumber Rejo, Balikpapan Tengah. Peresmian jamban dilakukan oleh Arita Rizal Effendi, Ketua TP PKK Kota Balikpapan (2/3/2018).

“Tidur nyaman, bisa makan dan buang hajat secara normal itu sangat penting, tapi kalau tidak bisa buang hajat di tempat yang semestinya pasti tidak nyaman,” kata Arita Rizal Effendi.

Dirinya juga mengapresiasi langkah LPM Sumber Rejo yang menggandeng TNI AD telah membangun jamban untuk 20 warga. Arita pun menyampaikan baru pertama kali meresmikan jamban selama menjabat sebagai Ketua TP PKK.

Arita pun mengimbau setiap anggota DPRD menyumbang jamban di daerah pemilihannya. “Pak Riri (Ketua LPM Sumber Rejo) kan juga anggota Dewan. Calon legislatif juga. Anggota Dewan Zaman Now harus seperti ini,” pesannya.

Keberadaan jamban, lanjut Arita, juga harus dirawat dan dijaga kebersihannya. Pasalnya, sanitasi yang buruk menjadi penyumbang tidak sehatnya warga termasuk anak-anak yang bisa menderita gizi buruk.

“Septic tank harus disedot secara berkalala, minimal 2 tahun sekali, karena air dari sanitasi yang merembes ke tanah itu masuk ke aliran dan sumur-sumur warga sehingga bisa menjadi penyebab penyakit,” tukasnya.

Pasalnya, keberadaan jamban merupakan salah satu indikator dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS. Terlebih pada 2019 ditargetkan bebas stunting atau gizi buruk bagi kota Balikpapan.

“Anak-anak stunting itu karena kekurangan gizi karena lingkungannya tidak sehat. Pemberantasan stunting itu tidak hanya dengan pemberian asupan gizi, tapi juga dengan sanitasi yang baik,” jelasnya.

Dirinya pun berucap agar jamban ini diberi nama Jamban RSD yang merupakan akronim dari Riri Saswita Diano. “Ini menjadi tanggung jawab Pak Riri dan kita doakan menjadi anggota Dewan lagi,” ucapnya yang lantas diaminkan para undangan lainnya.

Sementara, Ketua LPM Sumber Rejo, Riri Saswita Diano menyatakan kesiapannya untuk kembali membangun jamban bagi warga yang membutuhkan.

“Jambanisasi ini program swadaya karena kami prihatin masih ada warga miskin yang tidak mempunyai jamban, ya kami ingin memanusiakan manusia lah,” ujarnya.

Riri yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Balikpapan ini berharap rekan-rekannya yang lain bisa ikut dalam program jambanisasi. “Kami di LPM benar-benar ingin membuat sesuatu yang bermanfaat bagi warga,” tekannya.

Sebelumnya, pada 17 Februari lalu, pembangunan 2 jamban dan 1 kamar mandi dilakukan LPM Sumber Rejo bersama TNI AD. Lokasi jambanisasi sekitar 70 meter dari kantor kelurahan.

Comments

comments

About san tri

Check Also

Tak Patuhi Kebijakan Karantina, Bakal Ditindak Tegas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan akan mulai melakukan pengetatan sosial ataupun karantina wilayah, Senin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.