Home / iniEven / Koleksi Busana Samantha Project Terinspirasi Kimono Jepang
Gaya busana yang ditampilkan (istimewa)

Koleksi Busana Samantha Project Terinspirasi Kimono Jepang

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Samantha Project yang merupakan brand fashion di Kota Balikpapan menggelar fashion show di Borneo Bay Park Plaza Balikpapan pada Sabtu (16/11) petang.

Mengambil tema “Tatag Lanang” dalam bahasa Jawa yang artinya pria pemberani, koleksi-koleksi busana yang diperagakan 20 model pria itu itu benar-benar memukau pengunjung.

Atha Nalurita, pendiri dan desainer Samantha Project mengatakan, desain busana yang ditampilkan terinspirasi dari busana asal Jepang. Tapi ia mewujudkannya dengan kain Nusantara seperti lurik.

“Ini untuk koleksi baju-baju Tatag Lanang, kalau inspirasi kita dari Kimono Jepang,” ujarnya.

Wanita asal Jogyakarta yang telah mentap lebih dari 10 tahun di Kota Balikpapan ini mengungkapkan, kedepan akan menggelar fashion show dengan koleksi busana yang bercorakan Kaltim.

“Memang untuk pilihannya masih polos dan burik. Kedepan kita pasti akan mengambil warisan nusantara, Kaltim,” ujarnya.

Terlihat dari busana yang ditampilkalkan memiliki karakter maskulin dan feminin

 Artinya ada sebuah kebebasan terkontrol dalam mengekspresikan gaya berpakaian, seperti ketika dilahirkan.

Atha memulai Samantha Project, berbasis usaha jahit rumahan. Beranjak dari itu kemudian membuka usaha modiste–jahit busana wanita. Menjadi penjahit kekinian, itulah semangat awalnya.

Atha memulainya pertengahan tahun 2014. Saat itu Atha mengusung konsep busana anak. Namun seiring waktu, permintaan malah datang dari kalangan dewasa. Di masa-masa awal itu, Atha memakai nama Modiste Samantha.

Atha mulai mengenalkan nama Samantha Project saat mengikuti pameran Pop Up Market di kompleks Mal Balikpapan Baru, Oktober 2015. Atha langsung mengisi trunk show—fashion show skala kecil–di puncak acara. Sebelum Tatag Lanang digelar, Atha telah 5 kali mengikuti trunk show.

Seiring waktu, Samantha merambah ke beberapa aktivitas seperti membuat kain shibori, mengisi materi fashion dalam talkshow dan diskusi, dan sesekali mengadakan kelas menjahit.

Di jagad maya, Atha memiliki dan mengelola akun instagram @samanthaproject dan @samanthaproject_storehouse, serta juga mempunyai web usaha jahit yang beralamat di www.modistesamantha.com.

Comments

comments

About glen

Check Also

Dua ABK Tewas Tenggelam di Perairan Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Dua anak buah kapal (ABK) tewas tenggelam setelah kapal mereka bertabrakan dengan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.