Home / IniADV-DPRD Balikpapan / Komisi IV Banyak Terima Keluhan Warga Soal Buruknya Pelayanan Puskesmas
Mieke Henny Ketua Komisi IV DPRD Kota Balikpapan

Komisi IV Banyak Terima Keluhan Warga Soal Buruknya Pelayanan Puskesmas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – DPRD Kota Balikpapan banyak menerima keluhan warga terkait pelayanan sejumlah puskesmas yang buruk. Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV Mieke Henny.

“Kami minta Dinas Kesehatan terus memberikan pelayanan terbaik, pelayanan maksimal, karena ada warga yang mengeluhkan seperti kesiapan dokter di Puskesmas,” kata Mieke..

Menurutnya, keluhan itu disampaikan warga saat Komisi IV melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke wilayah pinggiran belum lama ini. Ketika itu, warga mengeluhkan lamanya harus menunggu dokter.

“Mereka kelamaan menunggu dokter, makanya kesal,” ujarnya.

Selain itu lanjutnya, soal ketersediaan obat-obatan juga ternyata belum lengkap. Karena masih banyak puskesmas yang justru kekurangan obat. Padahal itu, merupakan hal yang utama.

“Ketersediaan obat itu sangat penting. Seharusnya, ketika dokter memberikan resep kepada pasien, maka obatnya juga harus ada di apotek Puskesmas,” tekannya.

Sementara anggaran kesehatan sebenarnya cukup besar dalam APBD KOTa. Hanya memang diakui Mieke, masing-masing puskesmas mendapat alokasi anggaran yang berbeda-beda.

“Anggaran untuk Puskesmas di pinggiran itu mestinya diprioritaskan karena lokasinya yang jauh dari rumah sakit,” ujarnya

“Puskesmas merupakan tempat pertolongan pertama pasien sebelum mendapat rujukan. Maka fasilitasnya mesti dilengkapi,”

Para wakil rakyat itu pun mendorong agar puskesmas bisa memberikan layanan rawat inap. Komisi IV pun telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan agar puskesmas menyediakan rawat inap.

“Kami sudah koordinasikan ke Dinas Kesehatan untuk menerapkan sistem itu,” ujarnya.

Comments

comments

About glen

Check Also

Pelaku UMKM Balikpapan Harus Melek Digital

BALIKPAPAN, Inibalikpapan  – Pemerintah Kota Balikpapan meminta agara para pelaku usaha mikro kecil dan menengah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.