Home / iniHL / KPUD Lakukan Coklit, Wali Kota Minta Dukungan Warga

KPUD Lakukan Coklit, Wali Kota Minta Dukungan Warga

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Wali kota Balikpapan HM Rizal Effendi meminta warga kota untuk mendukung Pencocokan dan Penelitian (Coklit) yang akan dilakukan KPU Balikpapan pada 20 Januari yang akan datang.

Hal ini seperti dikatakan Rizal Effendi, usai menghadiri coffie morning di Aula Pemkot Balikpapan, Senin (15/01/2018).

Menurutnya, coklit ini dinilai sangat perlu dikarenakan untuk mengetahui keikutsertaan warga dalam memilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur yang digelar pada 27 Juni yang akan datang.

“Ya, warga yang punya hak pilihnya harus segera ngecek, supaya kan nanti tidak kehilangan hak pilihnya,” ujar Rizal Effendi.

Peran serta warga dinilai Rizal Effendi sangat dibutuhkan dalam kegiatan Penilitian dan Pencocokan. karena ini terkait dengan penentuan jumlah pemilih pada Pilgub nanti. Dirinya juga mengaku siap dikunjungi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di kediamannya.

“Yah, kita siaplah dikunjungi petugas PPDP untuk mendata keluarga kami,” ujarnya lagi.

Pencocokan dan Penelitian ini akan digelar serentak secara nasional di seluruh kabupaten kota di Indonesia, termasuk di Balikpapan. Di mana jumlah PPDP Balikpapan sebanyak 1.440 orang yang nantinya akan menyambangi warga secara door to door. Untuk 1 PPDP sendiri bertugas di 1 TPS. Dan 1 TPS bisa ada 1 atau 2 RT.

Komisioner KPU Kota Balikpapan Endang Susilowati mengatakan jumlah TPS pada Pemilihan Wali kota dan Wakil Wali kota Balikpapan 2015 yang lalu, jumlah TPS ada 1.359. Dan jumlah PPDP sebanyak 1.440 orang itu dikarenakan ada TPS yang jumlah pemilihnya di atas 500 orang.

“Ada selisih 81 dari jumlah TPS. Dikarenakan PPDP yang jumlah pemilihnya di atas lima ratus orang, maka akan ada dua petugas PPDP. Jika jumlah pemilihnya di bawah lima ratus, maka hanya satu PPDP saja di setiap TPS,” jelas Endang saat ditemui media ini di ruang kerjanya.

Ia juga mengatakan, pada coklit nanti, KPU Kota Balikpapan secara simbolis melakukan pendataan kepada sejumlah pejabat, diantaranya Wali kota Balikpapan, Wakil Wali kota Balikpapan, Ketua DPRD Balikpapan dan sejumlah tokoh masyarakat Balikpapan lainnya.

“Kita akan mengunjungi beberapa tokoh Balikpapan. Selain pejabat setempat juga kami akan mengunjungi beberapa warga yang ditokohkan,” pungkas Endang.

Comments

comments

About san tri

Check Also

Akses Jalan Masuk Gedung Parkir Klandasan Ditambah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan – Setelah mendapat kritik pedas dari DPRD dan masyarakat Kota Balikpapan, Pemerintah Kota …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.