Home / iniFLASH / Pemprov Kaltim Genjot Pembangunan Pariwisata Pulau Terluar Indonesia
sumber bacaanku

Pemprov Kaltim Genjot Pembangunan Pariwisata Pulau Terluar Indonesia

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi Kaltim terus mengenjot pembangunan di Pulau –pulau terluar Indonesia yang masih wilayah Kabupaten Berau.

Salah satunya Pulau Derawan dan Maratua yang merupakan destinasi utama pariwisata di Kaltim yang berada di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan Malaysia.

Pulau Derawan dan Maratua nyimpan pesona yang indah. Selain itu juga ada pulau-pulau kecil disekitarnya yakni Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Panjang, Pulau Samama dan gugusan karang.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Zarin Zain mengatakan, saat ini sedang dibangun sejumlah infrastruktur yang menggunakan dan APBN, APBD Provinsi Kaltim dan APBD Kabupaten Berau.

Setidaknya sudah sekitar Rp 70 miliar dari seluruhnya Rp 150 miliar dana yang dibutuhkan, telah dikucurkan untuk pembangunan jalan lingkar dan perpanjangan landasan pacu di Pulau Maratua maupun infrastruktur lainnya.

“Infrastruktur disana digenjot melalui dana alokasi khusus, jadi APBN, untuk pembangunan jalan lingkar, bandara dan fasilitas lainnya. Seluruhnya Rp 150 miliar, dari APBD Provinsi Rp 35 miliar dan juga ada APBD Berau,” ujar Zarin.

Dia menambahkan, tahun depan rencananya akan mengucur dana mencapai Ro 50 miliar dari investor untuk pembangunan sejumlah fasilitas pendukung pariwisata yakni hotel.

“Termasuk hotel-hotel yang dibangun dan fasilitas lain pariwisata disana. Ada dana investor sekitar 5 juta USD atau sekitar Rp 50 miliar tahun depan,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Kaltim memang menjadikan Pulau Derawan dan Maratua menjadi destinasi utama wisata. Pasalnya, Pulau derawan dan Maratua termasuk Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, Pulau Panjang, Pulau Samama dan gugusan karang menyimpan pesona yang indah.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Penerbangan Haji, Pertamina Kalimantan Siapkan 2.070 KL Avtur

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Memenuhi kebutuhan BBM penerbangan musim Haji 2018 PT Pertamina (Persero) Marketing Operation …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *