Home / IniEKONOMI / Tarif Bagasi Turun, Ini Tarif Bagasi Lion Air Balikpapan – Jakarta
Asisten Manajer Lion Air Balikpapan Rahimsyah

Tarif Bagasi Turun, Ini Tarif Bagasi Lion Air Balikpapan – Jakarta

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Setelah adanya keluhan dari masyarakat dan permintaan Kementerian Perhubungan, Maskapai Lion Air dan Wings Air akhirnya menurunkan tarif bagasi atau melakukan penyesuaian harga excess baggage ticket (EBT) yang mulai efektif sejak 7 Februari 2019.

“Per tanggal 7 Februari memang exits bagese ini diturunkan dan ini signifikan sekali, kita tahu Balikpapan –Jakarta itu harganya pertama kali Rp 42 ribu per kg untuk harga normal, kita bukan bicara kategori,” ujar Asisten Manajer Lion Balikpapan Rahimsyah.

Menurutnya, penyesuaian tarif bagasi tersebut bahkan hingga 50 persen. Bahkan jika bagasi hingga 5 kg, tariff yang dikenakan lebih murah lagi. Dari sebelumnya Rp 160 ribu menjadi Rp 105 ribu.

 “Hampir 50 persen, ini perbandingannya dengan tarif sebelumnya,” ujarnya.

Sementara terkait sepinya penumpang di bandara Sepinggan Balikpapan, Rahimsyah mengungkapkan, mengungkapkan, bukan karena tarif bagasi maupun harga tiket yang tinggi.

“Bukan cuma di Balikpapan tapi semua bandara. Kalau di Lion Air per tanggal 13 Januari 2019 kita memang sudah dikasih notice itu masanya peak season (penumpang tingg),” ujarnya.

“Setelah tanggal 14 Januari baru dikatakan low season (sepi penumpang) itu artinya tidak hanya lion air saja, airline lain juga masanya low season. Jadi bukan factor (bagasi berbayar),”

Sedangkan menyangkut harga tiket Lion Air yang mahal khususnya dari Bandara Sepinggan Balikpapan, Rahimsyah menjelaskan, merupakan kewenangan maupun strategi marketing manajemen pusat.  

“Kalau harga tiket  bukan dari kami daerah, karena memang pusat. Karena memang strategi marketing mereka disana. di traveloka, itu sama semua tidak ada berbeda, jadi bukan dari kita,” ujarnya.

Dia menambahkan, saat ini untuk jumlah penumpang juga masih normal. Misalnya penerbangan dari bandara Sepinggan Balikpapan menuju Bandara Hasanuddin Makasar maupun Bandara Juanda Surabaya.

“Kapasitas Lion Air itu 215 tujuan Ujung Pandang (Makassar), penumpang saya ini untuk sore belum ditutup ini 186, ini penerbangan Surabaya kapasitasnya 215 penumpangnya 174, normal,” ujarnya.

Print Friendly, PDF & Email

Comments

comments

About glen

Check Also

Ketua DPRD Kembali Bacakan Teks Proklamasi, Ini Pesan Abdulloh

BALIKPAPAN, INIBalikpapan.com — Untuk kesekian kalinya, Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdullah membacakan teks proklamasi pada …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.