Home / iniFLASH / Warga Eks Gafatar Samboja Akan Dipulangkan 26 Januari Ini
Warga eks Gafatar di lahan perkebunan yang sudah tumbuh subur.(foto: andi)

Warga Eks Gafatar Samboja Akan Dipulangkan 26 Januari Ini

SAMBOJA, Inibalikpapan.com – Warga eks Gafatar yang menempati areal pertanian di RT 01 Desa Karya Jaya, Kecamatan Samboja, Kabupaten Kukar membenarkan rencana pemulangannya pada 26 Januari 2016.
“Informasi yang kita dapat seperti itu. Tanggal 26 Januari,” Edward, sala satu warga eks Gafatar kepada inibalikpapan.com Sabtu (23/1/2016).

Dengan adanya pemulangan itu, Edward an warga lainnya mengaku tidak bisa banyak berbuat lagi, kendati sekarang sedang berupaya melapor ke Komnas HAM.

“Dalam masyarakat di sini ya lihat kedepan saja. Kalau itu dari pemerintah kami ya kami terima. Tapi sekarang kami kan berupaya lapor ke Komnas Ham,” sambungnya.

Keberatan pemulangan warga eks Gafatar asal Sulawesi ini cukup beralasan. Mereka sudah membuka areal ladang dan baru dijalani selama empat bulan. Kini sudah mulai membuahkan hasil.

“Singkong sudah kita panen walau belum waktunya. Singkongnya empuk dan manis. Padahal penduduk sekitar ada yang menanam singkong, tetapi tidak semanis yang kami tanam,” tuturnya.

Diceritakannya, dari 2,5 hektare areal yang dimiliki oleh 60 Kk, seluruhnya digunakan untuk bercocok tanam, antara lain singkong, kacang koro, ubi, jagung, kacang panjang, pare dan lainnya.

“Kita mau tanam bawang, sudah ada 100 kg bibit dari Engrekang. Saat ini lahannya sudah siap, dan pipa kincir untuk mengatur pengarian juga siap. Tetapi dengan adanya kejadian kemarin, ya tidak jadi kami tanam. Padahal dananya sudah habis Rp 5 juta dananya,” ceritanya.

Secara keseluruhan, Edwar mengaku penduduk sudah mengeluarkan sekitar Rp1,3 miliar untuk membeli tanah kepada warga, juga untuk membangun pondok-pondok maupun jalan masuk ke tempat mereka.

“Harapannya ada gantilah dari pemerintah daerah,” kata Edwar.(andi)

Comments

comments

About andi aa

Check Also

PT Angkasa Pura I Gelar Rakornas Legal Sekaligus Sosialisasikan Aplikasi SIAP

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Sebagai wujud komitmen pelayanan hukum yang lebih komprehensif, Divisi Legal PT Angkasa …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.