Akhir Pekan di Plaza Balikpapan, Kenalkan Budaya Adat Dayak

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Banyak cara untuk memperkenalkan budaya daerah di Kota Balikpapan. Hal inilah yang dilakukan pengelola Plaza Balilpapan yang mengadakan kegiatan Borneo Culture Stage, Sabtu (28/5/2022).

“Kalau tujuan dari kegiatan ini memang kita ingin membangkitkan lagi seperti apa sih kesenian tradisional Kalimantan,” ujar Supervisor Event and Marketing Communication Plaza Balikpapan, Hendri Purnomo kepada media, Sabtu (28/5/2022).

Hendri menambahkan, Plaza Balikpapan mengadakan kegiatan ini juga agar tidak melupakan budaya daerah tempat tinggal kita, khususnya budaya adat dayak Kalimantan.

“Jangan sampai di era modernisasi seperti ini kebudayaan kita terkikis zaman, inilah yang kami lakukan di Plaza Balikpapan,” ujar Hendri.

Dimana pertunjukan budaya ini dilaksanakan tiap akhir pekan agar dapat menarik minat serta khususnya anak-anak supaya dapat mencintai kesenian tradisional Indonesia khususnya kesenian atau budaya Kalimantan.

“Agar masyarakat dan khususnya anak-anak kita menyukai lagi kesenian tradisional Indonesia juga,” terangnya.

Selain itu, pertunjukan budaya ini juga mengedukasi masyarakat lokal agar tidak melupakan kesenian dan budaya daerahnya masing-masing.

“Kita juga coba untuk mengedukasi pengunjung dengan informasi-informasi yang disampaikan oleh MC pada saat pertunjukkan berlangsung,” tutur Hendri.

Borneo Culture Stage ini merupakan rangkaian kegiatan yang puncaknya akan diselenggarakan pada Agustus mendatang, yaitu Borneo Culture Week.

“Borneo Culture Week ini tentunya akan lebih besar daripada Borneo Culture stage,” akunya.

Hendri berharap tak ada lagi pandemi maupun pembatasan kegiatan masyarakat lagi di Balikpapan semakin bertambah banyak.

Fenomena menyambut IKN (Ibu Kota Negara) yang akan berpindah ke tanah Kaltim pun menjadi pemicu penggiatan pertunjukan budaya yang difasilitasi oleh Plaza Balikpapan selaku pusat perbelanjaan besar yang ada di Kota Penyangga IKN ini.

Baca juga ini :  3 TKA di Balikpapan Dideportasi

“Harapannya akan banyak wisatawan asing yang ke sini lagi dan kita akan perkenalkan culture kita lagi,” pungkasnya.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.