Rapat kerja DPR / laman DPR

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin Beberkan Gambaran Uji Kelayakan Calon Panglima TNI

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Presiden Joko Widodo telah mengirimkan surat ke DPR terkait penunjukan KSAL Laksamana Yudo Margono sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Seperti diketahui, masa jabatan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI akan berakhir pada 21 Desember 2022, setelah dilantik pada 17 November 2021 menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin membeberkan gambaran pelaksanaan uji kelayakan Panglima TNI yang kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan depan.

Menurut dia, ada lima poin pertanyaan untuk calon Panglima TNI dan ia memprediksi pertanyaan-pertanyaan Komisi I akan berkisar di lima masalah.

Pertama, kata Hasanuddin, bagaimana upaya Panglima TNI menjaga dan meningkatkan disiplin para prajurit TNI yang kalau menurut data akhir-akhir ini sedikit menurun.

“Kedua, bagaimana upaya Panglima TNI dalam usaha menyelesaikan Renstra ke III MEF,” kata ujarnya dikutip dari laman DPR

Lalu yang ketiga, bagaimana upaya Panglima TNI untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI melalui latihan dan pendidikan , terutama dalam rangka menghadapi ancaman actual. Keempat, bagaimana upaya Panglima TNI dalam rangka meningkatkan kesejahteraan prajurit.

“Kemudian, bagaimana sikap Panglima TNI agar prajurit TNI tetap netral dan tak berpolitik sesuai dengan aturan perundang-undangan mengingat pesta politik seperti Pilpres, Pileg, dan Pilkada semakin dekat,” tandasnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Subsidi BBM Capai Rp 502 Triliun, Presiden Jokowi : Negara Mana pun Enggak akan Kuat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.