Angkasa Pura I Balikpapan Berbagi Energi Positif Melalui Media Gathering di Pantai Lamaru

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Keseruan dibalut senyum ceria  dalam gengam silaturahmi  terlihat saat awak media Balikpapan mengikuti Media Gathering bersama Angkasa Pura I Balikpapan, di Pantai Lamaru, Balikpapan Sabtu (8/12/2023) pagi.

Kegiatan akhir tahun 2023 ini, dikemas berbeda oleh Angkasa Pura I Balikpapan dengan sejumlah permainan untuk membangun kekompakan tim. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, managemen Angkasa Pura I Balikpapan biasanya  menggelar Even Mancing Bersama di Pemancingan Rama Graha Indah.

Tapi kali ini, Managemen Angkasapura I Balikpapan ingin melihat langsung silaturahmi dari awak media melalui permain tim dalam membangun kekompakan, soliditas, kebersamaan media bersama jajaran Angkasa Pura I Balikpapan. Melalui permainan tim ini, ingin berbagi energi positif untuk kemajuan bersama.

“Gathering akhir tahun ini memang berbeda kita ingin melihat teman-teman bisa bekerjasama dengan baik, kompak dan bahu membahu sportif melalui permainan ini,” ucap Airport Administrator Senior Manager AP Balikpapan Ida Bagus Ketut Juliadnyana atau akrab disapa Gus Yul yang mengawali dan sekaligus memandu gathering media Angkasa Pura I Balikpapan.

Gus Yul atau Ida Bagus Ketut Yuliadnyana Airports Administrator Manager Angkasa Pura I Balikpapan

Gus Yul juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada media di Kaltim khususnya di Balikpapan yang selama ini menjalin komunikasi dua arah dengan baik. Menurutnya  jalin yang baik ini harus dipertahankan dengan memberikan saran dan masukan yang positif bagi kemajuan bersama.

 “Bukan berarti kita minta terus diberitakan semua yang baik-baik. Saya kira selama ini disini semua berjalan baik dan kalau ada yang perlu disampaikan terkait pemberitaan Angkasa Pura bisa dibicarakan bersama-sama,” ujarnya saat ramah tamah singkat.

Pada kesempatan sama Ketua IJTI Riswan Danu menyambut baik gathering ini. Kali Angkasa Pura Balikpapan menggelar kegiatan dalam bentuk yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Hal ini katanya makin menambah keakraban dan keseruan dari peserta. “Tentu kami apresiasi dan terimakasih kepada Angkasa Pura Balikpapan. Semoga kegiatan semacam ini terus ada dan makin seru,”harap Riswan.

Ketua IJTI Balikpapan Riswan Danu

Dalam giat ini, Gus Yul  juga didampingi Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan Retnowati, dan jajaran tim Angkasa Pura Balikpapan. Kegiatan dimulai pukul 09.00 wita hingga 14.00 wita. Media Gathering ini diikuti kurang lebih  28 media yag dibagi dalam empat kelompok, masing-masing kelompok berisi 7 awak.

Baca juga ini :  Lini Belakang Rapuh, Persiba Dipermalukan PSS Sleman 1-2

Semua permainan dilakukan secara berkelompok. Untuk pemanasan permainan tim, diawali dengan game tiap peserta memegang nomor yang kemudian ditunjuk beberapa peserta untuk memperkenalkan diri dengan cepat sesuai dengan jumlah nomor yang dipegang. Seperti nama saya, pekerjaan, keluarga, alamat rumah, hobi dan lain-lainnya.

Dari sini, sudah terlihat keseruan, kekompakan dan  tawa canda. Mereka harus menyebut dengan cepat dalam memperkenalkan diri. jika tidak akan disanki joget bersama dua biduan dari Manggar.

Abi Hasan berjoget dan ikut sawer untuk biduan Manggar sebagai salah satu sanksi yang harus dijalani

Permainan Team Building

Masing-masing peserta media gathering Angkasa pura I Balikpapan mendapatkan seragam kaos berwarna abu-abu muda. Pada bagian belakang kaos ini terdapat tulisan “sahabat media”. Sedangkan bagian depan kaos bertuliskan kata-kata yang bertalian dengan kerja media. Diantaranya “dunia dalam media”, “ungkap fakta mencerdaskan”, “ruang dialog panggung perubahan “, “keberagaman sumber pengetahuan” dan “satu suara banyak cerita” serta tulisannya lainya.

Kemudian acara utama media gathering ini adalah permain tim untuk membangun suatu tim yang solid dalam menghadapi lingkup pekerjaan di lapangan. Dalam permainan ini dibutuhkan kekompakan, kerjasama, kesabaran juga kejujuran.

Ada enam  game yang dibuat tim managemen AP Balikpapan.

Permainan diikuti empat tim yakni tim pertama diketuai Riswan dari Kompas TV, tim kedua Dbe dari Smart FM, tim ketiga komandoi Edo dari Tribun Kaltim, dan tim empat dipimpin David dari Koran Kaltim.

Tim 4 diketuai David bersama anggota saat permainan merangkak mengawali permainan tim dalam media gathering Angkasa Pura I Balikpapan, di pantai Lamaru, Balikpapan (9/12/2023).

Permainan pertama ingin melihat kecepatan dan kekompakan tim. Enam anggota dari masing-masing tim harus merangkak secara bersamaan memegang kedua kaki kawannya sambil mengitari botol kosong.  Mereka yang cepat dan kompak keluar sebagai juara. Permainan pertama ini dimenangkan tim 1 yang diketui Riswan.

Permainan kedua yakni masing-masing tim membantuk formasi dengan posisi tangan di belakang badan dan saling menguatkan. Posisi badan pun saling membelakangi. Mereka ditantang dalam posisi duduk kaki diluruskan lalu diminta bangkit bersamaan dengan cepat.

Baca juga ini :  Libur Nataru, XL Siap Layani Lonjakan Trafik

Permainan ketiga yakni menyusun 22 paku dengan tumpuan satu paku utama. Peserta ditantang  membentuk atap dari paku yang telah disediakan. Paku-paku ini disusun saling menguatkan untuk menjadi atap dengan durasi yang ditentukan. Kali ini tim 2 sempat berhasil menyusun tapi dinilai belum berhasil seperti yang ditentukan panitia. Sehingga dalam permainan ini seluruh tim belum mampu menyusun atap dari 22 paku.

Kemudian masih sesi yang sama, permainan dilanjutkan yakni masing-masing tim diminta mengangkat beras dengan media pensil. Beras ditempatkan dalam cup plastik dan ditancapkan menggunakan pensil. Peserta diminta untuk menyelesaikan pekerjaan itu dengan durasi waktu yang ditentukan. Pada lomba ini dimenangkan tim 3 yakni dipimpin Edo Tribun Kaltim.

“Ini betul-betul ilmiah dengan ilmu fisika dengan memanfaatkan kepadatan dan energi yang diserap,” ucap Gus Yul.

Edo tim 3 bersama anggota meluapkan kegembiraan setelah berhasil mengangkat beras dalam cup dengan media pensil

Pada permainan empat yakni, menguji keakuratan, kecepatan  dan kekompakan tim dalam memindah balon yang dijepit menggunakan sumpit. Setelah itu mereka harus memakan 5 potong keripik singkong dan bersiul dari alunan lagu yang diputar panitia. Setelah selesai, peserta  kemudian memindahkan bola plastik kecil  juga dengan menggunakan sumpit. Kali ini pemenang ada di tim 2 yang dipimpin Dbe.

Fadil (kiri -topi) kesulitan saat mengambil bola plastik dengan sumpit. Sementara kawannya Fredi menanti sambil memberi semangat agar tugas kawan berhasil.

Sedangkan pada permainan ke lima yakni tiap tim cukup enam orang saja, diminta untuk mengenakan jaket yang ditempatkan terbalik lalu tiap peserta memakainya dengan cepat. Setelah itu mereka berlari menuju kawan secara bergantian memakai jaket tersebut. Begitu seterusnya hingga 6 pemain. Untuk permainan ini tim 1 kembali merebut juara 1 yang diawaki Riswan.

Wartawan senior Teguh Suwito Borneo update ambil bagian dalam lomba memakai jaket tercepat

Sedangkan permainan ke enam memasukan makaroni kering ke dalam tali. Tim yang paling panjang memasukan makaroni dianggap sebagai juara. Untuk permainan terakhir ini juaranya tim 4 yang dipimpin David.

Baca juga ini :  Disdukcapil Optimistis Pencetakan e-KTP Rampung Sebelum Pilgub

Tim 4 bahu membahu memasukkan makaroni kering dalam tali

Dan  permainan terakhir mempertahankan baskom berisi air dengan kekuatan kaki. Tiap tim diharuskan dalam posisi tiduran dengan kaki diatas menggunakan sepatu secara bersamaan menahan baskom berisi air agar tidak tumpah. Peserta lalu diminta membuka sepatu dengan posisi baskom air tetap pada tempat tanpa tumpah atau jatuh. Tim tercepat pada lomba ini dimenangkan Tim yang juara kali ini tim 2.

Tim 2 menjadi pemenang pada lomba keseimbangan menahan baskom air dengan kekuatan kaki

Diakhir permainan Gus Yul meminta peserta untuk menggosok-gosok kedua telapak tangan lalu ditempelkan dimasing-masing pundak kawan sebelahnya sambil menyebut nama masing-masing. Dari sini menurut Gus Gul rekan-rekan awak media dapat mengambil dan berbagi energi positif dan membuang jauh energi negatif yang ada.

“Point dari permaian ini adalah kita berbagi dan ambil energi positif dari kawan-kawan dan buang jauh energi negatif,” tuturnya.

Dari permainan tim ini, juara I diraih tim 1 dibawah kepemimpinan  Riswan bersama Teguh Suwito, Abi Hasan, Amir, Nia, Mikel dan Iskandar.

Sedangkan juara II tim 3 dibawah komando Edo dengan awak Poniran, Yani, Mino, Chandra dan Arif. Dan untuk juara III diraih tim 2 diketuai Dbe dengan anggota Hilman, Fredi, Fadil, Maulana, Zaki  dan Ety.

Usai permainan, terdengar teriakan. “asal jangan julak (hilman) juaranya,” teriak Andri dari TVRI. Maklum Hilman wartawan Metro TG dan GerbangKaltim.com 3 kali berturut-turut memenangi lomba mancing yang digelar AP I Balikpapan pada gathering sebelumnya.

Pada gathering 2023 ini seluruh peserta mendapatkan hadiah sedangkan hadiah utama mesin cuci diperoleh Zaki wartawan Borneo Update.

Zaki membawa pulang mesin cuci. Hadiah diserahkan Airport Administrator Senior Manager AP Balikpapan Ida Bagus Ketut Juliadnyana didampingi Stakeholder Relations Manager PT Angkasa Pura I Balikpapan Retnowati. (foto Amir )

Sumber foto-foto dokumentasi Fajar M tim Stakeholder Relation PT AP I Balikpapan

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.