Balikpapan Siapkan Wisata Bahari dan Edukasi, Bukan Hanya Susur Teluk

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota Balikpapan terus berupaya mengembangkan potensi wisata bahari, apalagi dengan adanya Teluk Balikpapan yang jika digali maka bisa menghadirkan wisata unggulan.

Seketaris DPOP Kota Balikpapan, Abdul Majid mengatakan, wisata bahari yang akan dikembangkan di Kota Balikpapan bukan hanya susur sungai, tapi juga menjual paketnya bukan hanya teluk Balikpapan tapi potensi yang ada di dalamnya karena masyarakat banyak sekali keinginannya

“Misal perjalanan 1 hingga 2 jam, bahkan kalau bisa menginap di atas kapal ini yang akan kita tawarkan kepada masyarakat,” kata Abdul Majid kepada media, Jumat (7/10/2022).

“Nanti ada kamar yang disiapkan dirancang misalnya bisa juga untuk honey moon kan bisa juga,” tambahnya.

Kata Majid, wisata bahari ini memang sudah direncanakan 3 tahun lalu, dan diharapkan bisa segera terealisasikan, bagaimanapun potensi wisata bahari sangat luas di Balikpapan.

Bahkan ke depan jika memungkinkan diadakan kapal pesiar untuk perjalan jauh seperti Balikpapan Sulbar atau Sulawesi. Namun saat ini pemkot dan investor swasta fokus pada wisata teluk Balikpapan dengan mengelilingi teluk Balikpapan dan mangrove didalamnya terdapat bekantan.

“Ini sesuai perencanaan awal bahwa kita perlu gali wisata bahari bahkan tiga tahun lalu kita sudah buat kajian karena potensi ini luar besar sekali,” ujarnya.

Majid menambahkan sport tourism juga bisa dikembangkan dengan jet ski internasional.

“Wisata bahari ini bisa gerakan ekonomi kota Balikpapan makanya kita menangkap peluang ini karena potensi besar sekali,” tandasnya.

Selain itu pengembangan di wilayah teluk Balikpapan yang juga terdapat industri pengolahan batu bara milik Bayan Grup. Kata Abdul Majid akan dilakukan pengembangan wisata edukasi batu bara.

” Saya sudah mengunjungi dan kita sudah sepakati pengembangan edukasi wisata batu bara bagi siswa bisa melihat langsung proses produksi dan bagaimana mengolahnya. Kita akan difasilitasi,”ungkapnya.

Baca juga ini :  Rahel Radiansyah dan Okto Maniani Enjoy Tempati Posisi Striker

Sedangkan untuk wisata susur teluk Balikpapan rencana akan dimulai pada pekan depan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.