Vaksinasi di Mall Pentacity

COVID-19 Varian Omicron BA.4 dan BA.5 Disebut Kebal Vaksin

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 kebal akan vaksin.

Hal itu disampaikan Budi dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden. Dia menyebut, varian BA.4 dan BA.5 lebih bandel ketimbang varian-varian sebelumnya.

“BA.4, BA.5 ini memang memiliki kemampuan untuk vaccination evasion, jadi bisa menembus vaksinasi. 2 sampai 3 kali lipat lebih efektif untuk menembus vaksinasi dibandingkan dengan varian Omicron yang BA.1,” ujarnya

Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan masyarakat yang sudah divaksin juga bisa tertular Covid-19 varian BA.4 dan BA.5 tersebut. Satu cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat ialah dengan melakukan booster atau vaksin dosis ketiga.

Meskipun BA.4 dan BA.5 bisa menembus vaksin, setidaknya booster bisa menghindari kondisi kesehatan yang memburuk.

“Walaupun ada kemungkinan terkena tapi booster itu terbukti mampu melindungi kita utk tidak masuk ke rumah sakit dan kalau, toh, pun masuk rumah sakit, tingkat fatalitasnya akan sangat rendah,” tuturnya.

Selain itu, Budi juga melaporkan kepada Presiden Joko Widodoi terkait kenaikan kasus Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara.

Katat Budi, Indonesia masuk ke kategori negara yang kenaikan kasusnya tidak terjadi secara cepat, namun perlahan.

Suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Kapolda Kaltim Laksanakan Kunjungan Kerja ke Polres Paser

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.