Home / IniADV-DPRD Balikpapan / DPRD Balikpapan Minta Pemkot Batasi Komoditi Pertanian Dari Luar Daerah
Nurhadi

DPRD Balikpapan Minta Pemkot Batasi Komoditi Pertanian Dari Luar Daerah

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan maupun pertanian berkelanjutan adalah lahan bagi petani. Hal itu disampaikan anggota Komisi II DPRD Kota Balikpapan Nurhadi.

“Bagaimana petani mau memperluas pertanian tetapi lahannya terbatas,” ujar Nurhadi kepada awak media Senin (07/09).

Dia pun meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan dapat menetapkan kawasan khusus untuk pengembangan pertanian. Mengingat lahan pertanian makin terbatas. Karena tergerus pembangunan yang terus meningkat.

“Bagaimana dengan bibit dan pupuk langka dan masih banyak hal sehingga memerlukan peran serta semua pihak,” ujarnya.

Termasuk menyediakan teknologi pertanian dalam rangka memaksimalkan hasil produksi, dengan bekerjasama berbagai perguruan tinggi dan lembaga pengembangan pertanian di Kota Balikpapan.

“Mahasiswa juga bisa memiliki peran vital dalam rangka mempersiapkan diri sebagai generasi penerus yang nantinya menjadi andalan pengembangan pertanian,” ujarnya

“Tidak serta merta menjadi buruh tani tetapi lebih dari itu mampu secara cerdas seperti mengembangkan teknologi tepat guna,”

Disamping itu lanjutnya, harus ada kebiajkkan yang pro terhadap petani yakni dengan membatasai mendatangkan hasil pertanian dari luar daerah. Karena selama ini Balikpapan justru rata-rata mendatangkan dari sulawesi mapun Jawa.

“Kalau petani tidak sejahtera walaupun sudah disediakan lahannya pasti secara perlahan akan pindah profesi ke yang lebih menguntungkan,” ujarnya.

Kata dia, Kota Balikpapan masih memiliki potensi pertanian jika dikembangkan dengan maksimal dan didukung seluruh pihak. Bahkan bisa menghasilkan pendapatan asli daerah (PAD) jika produksi pertanian meningkat.

“Artinya butuh dukungan semua pihak, agar potensi yang ada di Balikpapan bisa dikembangkan jangan hanya bergantung pada sektor jasa dan pariwisata,” ujarnya.

Comments

comments

About abraham johan

Check Also

Hari ini 143 Orang Terjaring Razia Tak Pakai Masker

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Hari ini Satgas Gugus Tugas Kota Balikpapan menjaring sebanyak 143 orang karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.