DPRD Usulkan Pengesahan Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Dewan Perwakilan rakyat Kota Balikpapan kembali melakukan sidang paripurna dengan agenda pengumuman hasil penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan hasil pilkada tahun 2020 dan usulan pengesahan pengangkatan Wali Kota dan wakil Walikota Balikpapan terpilih, di hotel Novotel, Jumat (26/2/2021).

Rapat paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, didampingi sejumlah Wakil Ketua DPRD yakni Budiono, Sabaruddin Panrecalle dan Subari. Hadir pula Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan para anggota DPRD Balikpapan. Selain itu, paripurna dapat diikuti melalui virtual yang disediakan sekretariat DPRD Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut, Abdulloh mengatakan, sesuai undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, dimana dalam pasal 60 menjelaskan masa jabatan kepala daerah lima tahun terhitung sejak pelantikan, sehingga DPRD akan mengusulkan ke Menteri dalam negeri terkait penetapan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih.

“Sesuai dengan mekanisme kita akan mengusulkan ke Kementerian dalam negeri terkait pengesahan dan pengangkatan walikota terpilih melalui Gubernur Kaltim,” ujar Abdulloh.

Dalam sidang paripurna tersebut juga dilakukan penandatanganan berita acara oleh pimpinan DPRD Balikpapan.

“Berita acara itu juga sebagai salah satu syarat pengangkatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan terpilih,” katanya.

Politisi partai Golkar itu mengatakan usulan pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota terpilih harus segera diusulkan ke Gubernur Kalimantan Timur. Setelah itu, akan diumumkan melalui rapat paripurna sembari menunggu surat jawaban dari Kementerian Dalam Negeri.

“Ini sudah selesai tahapannya tinggal menunggu surat dari Kemendagri saja,” ujarnya.

Pada kesempatan itu diputar video testimoni dari anggota DPRD, Wali kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan terhadap kiprah wali kota Rizal Effendi memimpikan 10 tahun Kota Balikpapan. Abdulloh juga menyampaikan terima kasih atas kepemimpinannya.

Baca juga ini :  Update 15 Juli 2020 : Bertambah 34 Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kaltim, 7 Kasus Sembuh

“Atas nama Pimpinan dan anggota DPRD serta masyarakat Balikpapan, kami ucapkan selamat berpisah kepada saudara Rizal Effendi. Semoga tetap berkiprah meski tidak menjabat lagi,” tuturnya.

Adapun untuk jadwal pelantikan pasangan terpilih di Pilkada Balikpapan, menurut Abdulloh, diusulkan pada tanggal 30 Mei 2021 menyesuaikan dengan SK gubernur Kaltim tentang masa jabatan kepada daerah di Balikpapan. 

Sementara itu, Abdulloh membantah paripurna yang diselenggarakan oleh lembaga legislatif sebanyak dua kali terkesan berlebihan. Menurutnya, hal tersebut telah sesuai dengan aturan. Abdulloh mengaku telah mengikuti aturan perundang-undangan yang ada dalam proses pengusulan.

“Tidak berlebihan karena aturannya begitu, saya ikut aturan perundang-undangan,” tegasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi tak lupa mengingat sejumlah kenangan yang dirasakan bersama para Pimpinan DPRD selama dirinya menjabat sebagai Wali kota Balikpapan selama dua periode dan satu periode sebagai Wakil Wali Kota Balikpapan.

“Tentu banyak kenangan yang terjadi dan tak bisa diceritakan satu persatu, meski begitu terima kasih selama ini telah menjadi mitra Pemerintah kota dalam menjalankan program-program pembangunan yang semuanya demi kepentingan masyarakat kota Balikpapan,” ujar Rizal.

Tak lupa Rizal juga mengingatkan, kepada Wali Kota Balikpapan selanjutnya banyak pekerjaan rumah menanti salah satunya terkait pandemi Covid-19 yang masih terjadi di Kota Balikpapan dan di seluruh Dunia, yang harus bersama-sama bersinergi antara Pemkot dan DPRD, tak lupa selalu menjalanlan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

“Pandemi masih terus terjadi, bahkan angka penambahan terkonfirmasi positif di Balikpapan masih tinggi, untuk itu butuh peran serta semua aspek, tidak bisa bergantung hanya pada pemkot atau Satgas,” ucap Rizal.

“Meski begitu, kita patut bersyukur kota Balikpapan pada tahap kedua vaksinasi mendapat sekitar 9 ribu dosis yang akan diberikan kepada mereka yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, inilah salah satu upaya kita agar mencegah penyebaran covid-19,” tutup Rizal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.