Tahanan yang kabur dan berhasil ditangkap / istimewa

Dua Tahanan yang Kabur dari Sel Polresta Balikpapan Diamankan di Kutim

BALIKPAPAN, IniBalikpapan.com – Tim Gabungan berhasil meringkuk dua tahanan yang kabur pada Sabtu 31 Desember 2022 dinihari. Dua tahanan itu ditangkap diluar Balikpapan.

Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Vincentius Thirdy Hadmiarso membenarkan adanya penangkapan terhadap dua tahanan yang kabur. Sementara tahanan lainnya masih dalam pengejaran.

Kedua tahanan yang ditangkap tersebut yakni inisial BM dan DL. Keduanya ditangkap di Jalan Poros Sangata Bontang Kilometer 26 Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur (Kutim)

“Tepatnya di Langgar Baiturrahman pada hari Minggu sekitar pukul 09.30 Wita,” ujar Kapolresta.

Tim Gabungan yang terdiri dari Jatanras Polresta Balikpapan dan Polda Kaltim juga berhasil mengamankan istri BM yang diduga membawa gergaji hingga akhirnya para tahanan bisa kabur.

Tahanan yang kabur dan berhasil ditangkap / istimewa

Saat ini ketiga orang tersebut langsung di gelandang ke ruang tahanan Polda Kaltim guna penyidikan lebih lanjut.  Tim gabungan juga masih melakukan pengejaran tahanan lainnya.

Sebelumnya, Kapolresta Balikpapan Kombes Vicentius Thirdy Hadmiarso mengungkapkan, telah menyebar sketsa wajah para tahanan yang kabur.

“Sudah kita sebar. Kita harapkan yang bersangkutan menyerahkan diri,” ujar Hadmiarso, Sabtu (31/12/2022).

Dia mengatakan, tim dari Polresta Balikpapan maupun Polda Kaltim telah disebar untuk mengejar dan menangkap para tahanan. Keberadaan para tahanan juga sudah diketahui.

“Ada beberapa tim yang kita sebar dari Polresta Balikpapan, di back up Polda Kaltim. Kita harapkan keluarga untuk menyerahkan,” ujarnya.

“Kita sudah kantongi semua tempatnya dimana dan kita berharap segera akan lakukan penangkapan,”

Dia juga memastikan, telah melakukan pengetatan khususnya akses keluar dari Balikpapan. Sehingga tak akan memberikan kesempatan para tahanan untuk kabur keluar daerah.

“Pada saat Operasi Lilin Mahakam Tahun 2022 kita melakukan penebalan, bukan hanya di ruang tahanan, kita juga melakukan penebalan di semua pos penjagaan, Polres, Polsek,” katanya.

Baca juga ini :  Shin Tae-yong Minta Anak Asuhnya Tak Takut Lawan Vietnam

“Semua akses menuju keluar kota Balikpapan kita sudah lakukan penjagaan dan pengetataan. Ada juga beberapa rekan yang tidak berseragam untuk memantau,”

Sebelumnya, tahanan Polresta Balikpapan dilaporkan, berhasil kabur dengan menggergaji teralis ventilasi dalam sel tahanan, kemudian menggunakan sarung untuk loncat keluar.

“Memang benar terjadi tahanan melarikan diri sekitar pukul 24.05 Wita tadi malam  (kemarin) dan tiga orang sudah kita tangkap pada pukul 03.00 dinihari,” ujar Kapolresta Balikpapan Kombes Vicentius Thirdy Hadmiarso, Sabtu (31/12/2022).

“Mereka menggergaji teralis yang ada di ventilasi. Mereka turun dari ventilasi itu menggunakan ikatan sarung yang digunakan dalam tahanan ini. Mereka meloncat pagar tembok belakang halaman Polresta Balikpapan,”

Dia mengatakan, saat ini tengah dilakukan pengejaran para tahanan yang belum tertangkap. Dia juga mengimbau keluarga untuk menyerahkan, jika melihat. Termasuk masyarakat.

“Kita masih melakukan pengejaran, semoga yang lain akan kita lakukan penangkapan. Kita imbau warga masyarakat apabila ada yang melihat untuk memberikan informasi kepada kami,” ujarnya.

“Atau yang bersangkutan segera menyerahkan diri untuk kita lakukan proses lebih lanjut. Satu ruangan yang kabur 11 orang, tiga orang sudah ditangkap,”

Pihaknya akan melakukan evaluasi terkait kaburnya tahanan tersebut. Termasuk menelusuri kemungkinan ada pihak-pihak yang turut membantu kaburnya para tahanan.

“Nanti akan kita evaluasi, dan kita telusuri, itu akan kami cek kembali apakah ada unsur-unsur pidana yang lain atau ada yang turut serta membantu yang bersangkutan melarikan diri,” katanya.

Kata dia, seluruh tahanan yang kabur merupakan warga Kaltim merupakan kasus PPA. “Semuanya adalah kasus PPA yang kita tangani di Polresta Balikpapan,” ujarnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.