Kepala DKK Balikpapan Andi Sri Juliarty

Faskes Harus Siap Layani Ibu Melahirkan Terpapar Covid-19

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah Kota balikpapan menegaskan, fasilitas kesehatan (faskes) mulai dari puskesmas, klinik maupun rumah sakit harus siap melayani ibu hamil dan melahirkan yang terpapar covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan Andi Sri Juliarty mengatakan, Wali Kota telah menggelar zoom meeting dengan seluruh faskes. Bahwa ditengah pandemi covid-19, tidak ada ada alasan bagi  faskes yang menolak.

“Terkait pelayanan ibu hamil kepada seluruh rumah sakit, klinik dan puskesmas bahwa arahan Pak Wali Kota semua sekarang harus siap melayani ibu hamil, ibu mehairkan terkonfirmasi covid-19,” ujarnya.

Wanita yang biasa disapa Dokter Dio itu menuturkan, faskes jangan hanya melayani persalinan ibu hamil yang tidak terpapar. Faskes juga harus menyiapkan semua sarana dan fasilitas yang dibutuhkan untuk melayani ibu hamil.

“Jangan hanya melayani ibu hamil yang normal saja tetapi semua sarana kesehatan yang memang melayani persalinan sudah harus siap merima persalinan normal dengan terkonfrimasi positif,” ujarnya

“Siap disini tentunya, siap APD (alat pelindung diri), siap ruang bersalinnya dan juga mengedukasi keluarga yang terkonfirmasi positif,”

Sehingga kembali dia mengingatkan, tidak boleh ada faskes yang menolak ibu hamil terpapar covid-19 maupun yang akan melahirkan. “Sebenarnya setiap rumah sakit tidak boleh menolak pasien Bapak Wali Kota melakukan penekanan lagi mengingatkan kembali,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Berikut Pengendalian Covid-19 Dalam Penerapan PPKM Ditingkat Desa dan Kelurahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.