konfrensi pers Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan

Gawat! Jumlah Pasien Covid-19 yang Dirawat di RS Telah Melebih Kapasitas

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Tingginya kasus penularan covid-19 di Kota Balikpapan, berdampak pada terus bertambahnya kasus terkonfirmasi positif. Bahkan kini rata-rata diatas 100 kasus positif setiap harinya.

Bahkan laporan terbaru Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan menyebutkan, ada penambahan 115 kasus positif baru dengan 2 kasus kematian. Pasien yang dirawat di rumah sakit pun kini terus bertambah.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, jumlah pasien yang di rawat di rumah sakit bahkan telah melebih kapasitas atau sudah diatas 100 persen ketersediaan tempat tidur isolasi.

“Yang perlu kita waspadai jumlah kapasitas rumah sakit sudah diatas 100 persen. Sekarang yang terisi di rumah sakit 385 orang ini sudah melebih kapasitas untuk tempat tidur covid-19,” ujar Rizal dalam konfrensi pers, Selasa (12/01).

Masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan dengan kapasitas ruang isolasi yang telah penuh. “Karena itu kita perlu waspada betul perkembangan ini sudah melampaui batas rumah sakit,” ujarnya.

Mencermati kasus terus bertambah, Satgas Penanganan Covid-19 rencananya akan segera memberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seperti di Jawa dan Bali. Saat ini tengah dalam pembahasan.

“Karena ini kita perlu melakukan lkangkah-langkah terutama pembatasan. Tapi dalam satu dua hari ini akan kita umumkan, masih dalam pembahasan,” ujarnya.

“Saat ini yang isolasi mandiri ada 820 kasus, 73 kasus di Embarkasi Haji dan sudah 297 orang meninggal dunia.”

Baca juga ini :  Anggaran Bansos Kaltim Tahun Ini Dikelola Masing-masing OPD Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.