Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa saat memonitoring penerapan PPKM di Balikpapan

Hasil Monitoring, Kasus Covid-19 di Kaltim Masih Fluktuatif

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kaltim melakukan monitoring penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ke sejumlah kota dan kabupaten.

Kepala Satpol PP Kaltim Gede Yusa mengatakan, sejauh ini sudah melakukan monitoring ke Kabupaten Paser, Kutai Timur (Kutim), Penajam Paser Utara (PPU), Bontang dan Kutai Kertanegara (Kukar)

“Hari ini di Balikpapan, kami besok ke Berau, Mahalu (Mahakam Ulu), jadi semua akan kita lihat,” ujarnya pada Jumat (12/03)

Dia mengungkapkan, kasus harian positif covid-19 terlihat masih fluktuatif. Karena dalam tiga hari terakhir masih terlihat turun naik. Karena kamis kemarin 438 kasus positif, Rabu 296 kasus dan Selasa 260 kasus.

“Memang ada penurunan tapi masih fluktuatif, mudah-mudahan masih bisa menurunlah jumlahnya,” ujarnya.

Kata dia, penerapan PPKM mikro di kaltim telah berdampak positif bagi penurunan angka kasus covid-19. PPKM mikro semua sudah melaksanakan, saya lihat cukup efektif. Mudah-mudahan bisa turun terus,” ujarnya.

Meskipun lanjutnya, penerapan PPKM mikro juga ada pro kontra di masyarakat. Namun dia mengingatkan, Satgas harus terus lakukan sosialisasi. Sehingga bisa menumbuhkan kesadaran dari masyarakat.

“Pro kontra ditengah masyarakat masih ada, itu pentingnya ada pemerintah, kita tidak bosan-bosannya sosialisasi mengimbau berulang-ulang dengan harapan apa yang kita sampaikan ini bisa menumbuhkan kesadarannya,” ujarnya.

Dia juga memuji penerapan PPKM di Kota Balikpapan, termasuk sinergi antara Pemerintah Daerah (Pemda) dengan TNI, Polri maupun masyarakat hingga ke RT-RT. Terbentuknya posko-posko diingkat RT.

 “Sangat bagus ya sinergitas TNI, Polri dengan Pemerintah Daerah, dari tingkat bawah sampai RT, Babinkabtimas, Babinsa. Semua antusias ya, tampak kerjasamanya. Yang jelas apa yang kita lihat sekarang ini sangat bagus,” ujarnya.

Baca juga ini :  Bikin KTP Elektronik Sehari Langsung Jadi

“Terlihat kesiapan masyarakatnya untuk menerima. Karena disetiap RT ada posko-posko, inilah bentuk nyata PPKM mikro karena penuh kesadaran. Kerjasamanya, sinerginya bagus sekali.”

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.