HKN di Balikpapan, Peresmian Layanan Kesehatan dan Vaksinasi, Pemeriksaan Kanker Leher Rahim

BALIKPAPAN,Inibalikpapan.com – Pada peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 di Kota Balikpapan dilaksanakan berbagai kegiatan, selain upacara juga ada beberapa kegiatan yang melibatkan tenaga kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, pada peringatan hari kesehatan nasional (HKN) di Balikpapan selain melaksanakan upacara juga ada beberapa pemberian penghargaan diantaranya 5 tenaga kesehatan yang menerima penghargaan dari Presiden dan 1 kader posyandu.

“Kita beri penghargaan juga terhadap institusi TNI, Polri dan Binda Kaltim yang telah membantu percepatan penanganan Covid-19 dan vaksinasi,” ujar Andi Sri Juliarty kepada media, Sabtu (12/11/2022).

Dio biasa disapa menambahkan, juga ada deklarasi 9 kelurahan yang dinyatakan sudah bebas dari prilaku buang air besar  sembarang atau Open Defecation Free (ODF) ini menjadi syarat untuk menjadi Kota sehat.

“Kesembilan kelurahan tersebut yakni, Manggar, Manggar Baru, Prapatan, Karang Rejo, Muara Rapak, Karang Joang, Marga Sari, Damai dan Damai Bahagia,” kata Dio.

Kemudian juga ada launching pemberian program vaksinasi anti kanker leher rahim pada remaja, yang mana Kementetian Kesehatan secara nasional vaksinasi tersebut akan diwajibkan kepada anak remaja dimulai dari kelas 5 SD. 

“Kita menyiapkan 283 remaja putri, yang akan mengikuti vaksinasi,” akunya.

Kasus kanker leher rahim pada usia produktif di Indonesia sangat disayangkan. Apalagi pada usia muda terkena kanker leher rahim yang menyebabkan kematian. Penanganan penyakit ini perioritas dan patut dicegah secara nasional.

“Selanjutnya peringatan HKN ini akan dirangkaikan dengan kunjungan ke Kantor Satgas Public Safety Center (PSC) 119, peresmian Puskesmas Karang Jati, dan Peresmian CT Scan Echo Cardio Graphy di RSUD Beriman Kota Balikpapan,” akunya.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan, di antaranya adalah melakukan ziarah ke makam para tenaga kesehatan yang gugur dalam perang melawan pandemi Covid-19 serta seminar dan webinar dengan tema Penyakit Tidak Menular (PTM) mulai awal hingga akhir bulan November 2022 ini.

Baca juga ini :  Balikpapan Zona Merah, Satgas COVID-19 Tetap Izinkan Kegiatan di Masyarakat, Ini Alasannya

“Teman-teman dari seluruh rumah sakit dan organisasi profesi kesehatan mengadakan seminar/webinar yang menyasar kepada masyarakat, dengan topik yang terfokus kepada PTM, seperti diabetes, hipertensi dan kanker,” bebernya.

“Karena, memang setelah pandemi ini kita akan berusaha menurunkan penyakit-penyakit ini, penyakit komorbid yang memang memperberat kondisi Covid-19, berbiaya mahal dan berlangsung panjang,” tuturnya.

Hal ini juga merupakan bagian dari upaya pengabdian masyarakat oleh para insan kesehatan di Kota Balikpapan karena memang pemeriksaan ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

“Secara serentak juga, di Balikpapan akan dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat dari kami insan kesehatan, yaitu pemeriksaan PTM tadi secara gratis,” imbuhnya.

Tak berakhir pada puncak rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 12 November 2022, DKK Balikpapan juga akan mengadakan Family Day untuk insan kesehatan pada 20 November 2022 mendatang.

Pihaknya juga akan menggencarkan kembali vaksinasi Covid-19 yang baru saja didapatkan dari Kemenkes RI sebanyak 5.004 dosis, dilakukan secara massal dan juga akan didistribusikan ke puskesmas-puskesmas yang ada di Kota Balikpapan.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.