Ikan Cupang Hias Marak Harga Capai Jutaan, Lelang Live IG

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Di tengah situasi keterbatasan karena covid, hobi memelihara ikan hias Cupang ternyata bisa memberikan hiburan tersendiri. Hobi ini bahkan bisa mendatang uang atau tambahan rezeki jika betul-betul jeli melihat pasar, apalagi saat sulitnya ekonomi karena dampak covid yang belum juga reda.

Obrolan memelihara ikan cupang sebagai salah satu hobi di tengah pandemic, menjadi sesuatu yang menarik didengar apalagi diliihat dan dinikmati keindahan baik dari warna, corak dari berbagai jenis ikan cupang atau Bahasa ilmiah Betta.

Obrolon ikan cupang sempat mencuat saat sejumlah jurnalis akan bermain futsal di lapangan GlobalSport, Sabtu sore (3/10).

“Di Jakarta gila-gila harganya bisa 4 juta bahkan ada yang 8juta,”ucap Rendi pehobi ikan cupang yang pernah menjadi kontri TV Antara ini saat berbincang dengan Andre jurnalis media local Balikpapan.

Sayang ucap Rendi yang biasa disapa Lele ini harga selangit untuk seekor ikan cupang hias terlalu mahal banget bagi pecinta di Balikpapan.

“Disini kalau lelang 200 ribu sampai 400 ribu apalagi jutaan heehee susah banget. Tapi di Jakarta ngerik harga jutaan kalau bagus ya pasti dibeli,” kata saat ngobrol santai.

Lanjutnya, biasanya pembubidaya ikan hias cupang dikenal dengan istilah breeder. Breeder inilah kata Rendi paham jenis-jenis ikan cupang hias.

“Lagi naik daun itu ikan cupang jenis Avatar kalau gak salah yang paling mahal harganya,” kata Rendi yang juga pecinta vespa antik  ini.

Seorang Breeder Heppy Rachmad mengaku baru tahun ini membudidayakan ikan cupang. Dia memiliki koleksi ikan hias  cupang sebanyak 20 ekor. Namun semua indukan rata-rata di Balikpapan ini masih mengambil dari Pulau Jawa.

Ceppy mengakui harga ikan cupang ini bisa mencapai juta bahkan belasan juta perekornya bergantung pada kualitas, hasil indukan dan jenisnya.

“Termahal setahu saya jenis Bluerim. Itukan sempat viral ya miliknya Uya Kuya. Tapi sebelumnya pernah tembus 20 juta kalau nggak salah di Medan atau Batam,” katanya mengawali ceritanya kepada Inibalikpapan.com.

Saat ini ikan hias cupang sedang ramai di Indonesia termasuk kota Balikpapan baik dipecinta ikan hias maupun komunitas. Namun menurutnya untuk tingginya peminat belum bisa dipastikan.

Ramainya pembicaraan ikan cupang ini tidak lepas dari makin ramainya penggunaan medsos terutama di kanal IG.

“Ada bisa dilihat di IG betta fish. Kalua saya pribadi indukan paling mahal Rp500 ribu kalau jual paling besar Rp300 ribuan,” ucapnya.

Ikan cupang ini memiliki jenis dan indukan yang berbeda-beda apalagi dengan indukan kawin silang. Mulai dari yang  Avatar, Yellow Banana, Bluerim. Secara umum jenis ikan cupang ada enam yakni  Plakat, Crowntail, Wild Betta, Crowntail Plakat, Halfmoon, Veiltail,  Doubletaill Halfmoon, Doubletail Plakat Dumbo.

“Ada juga Blurim Butterfly gen Thailand. Kalau Avatar/ Yellow Banana itu kan jenis atau serian. Jadi bisa aja masuk ke model apa saja.apalagi kalau si breeder crossing  indukan , kita nggak bakal tau di ambil gen betina atau jantan mana yang lebih kuat Cuma biasa 60-70 persen gen dari betina,” terangnya.

Heppy memperkirakan jenis Avatar bisa hingga ke tren di 2021 mendatang. Pihaknya saat ini juga memiliki koleksi avatar atau berbagai jenis plakat ikan cupang.

Karena situasi covid seperti ini, lanjut Heppy banyak pecinta dan koleksi ikan cupang melakukan lelang ikan melalui IG. “Ini lagi ramai lelang lewat IG live,”tukasnya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Update 7 Maret 2021 : Tembus 58.039 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 1.363 Kasus Kematian

SAMARINDA, Inibalikpapan.com – Kasus positif covid-19 di Kaltim kini tembus 58.039 orang sejak awal pandemi …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.