Ketua RDDB Rudiansyah

Kaltim Jadi Ibu Kota Negara, Kebutuhan Darah di Balikpapan akan Meningkat

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Relawan Donor Darah Balikpapan (RDDB) menyatakan, kedepan kebutuhan darah di Kota Balikpapan akan meningkat setelah Kaltim ditetapkan sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Ketua RDDB Rudiansyah mengatakan, dengan Kaltim menjadi Ibu Kota Negara, maka akan terjadi penambahan penduduk. Apalagi Kota Balikpapan menjadi daerah penyangga dan lokasinya paling dekat.

“Dengan semakin bertambahnya penduduk dengan IKN, maka kebutuhan darah di Balikpapan akan semakin meningkat juga,” ujar Rudiansyah disela-sela donor darah di Kecamatan Balikpapan Barat, Sabtu (05/02/2022).

Sehingga kata dia, harus sering digelar bakti sosial donor darah. Untuk membantu pasien di rumah sakit yang membutuhkan darah. Karena masyarakat yang membutuhkan darah bisa mendadak.

“Jadi kita berharap ini bukan hanya momen ultah Balikpapan saja bukan hanya karena ada acara saja, menggelar donor darah,” katanya.

Menurutnya, minimal 75 hari seseorang bisa mendonorkan darahnya ke PMI. Donor darah bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasien yang sakit, tapi juga akan berdampak baik bagi pendonor.

“Minimal 75 hari ini harus ke PMI karena dengan dia rutin donor darah maka darahnya itu juga semakin bagus, semakin baik, dia juga semakin sehat,” ujarnya.

Selain itu kata dia, sebelum mendonorkan juga akan dicek lebih dulu kesehatan pendonor. Sehingga juga akan baik bagi pendonor tersebut, jika ternyata memiliki riwayat penyakit yang tidak diketahuinya.

“Dengan dicek dulu tensinya, HB-nya akan kita tahu, semakin baik atau tidak, kalau rendah atau tinggi kita harus cepat-cepat untuk berusaha normal,” ujarnya.

“Kedua dengan donor darah itu kita bisa dicek apakah ada mohon maaf HIV./Aids, atau mohon maaf ada hepatitis. Nah kalo kita ada kan akan diinforkan . Semakin cepat kita tahu, semakin cepat kita berobat supaya semakin sehat. Jadi itu manfaatnya,” terangnya.

Baca juga ini :  ASN  Balikpapan Ikuti Seminar Aktualisasi Nilai Pancasila

Selama ini lanjutnya, RDDB kerap menggelar donor darah. Sehingga mereka memiliki grup whatsaap khususnya untuk masing-masing golongan darah. Sehingga jika dibutuhkan bisa segera mendonorkan darah.

“Kita punya 13 grup WA khusus golongan darah, ada yang A, B, O, AB, ada yang tiga WA grup, ada dua whatsaap grup,” ujarnya.

“Tapi memang yang paling sedikit AB, karena memang orang golongan darah AB jarang. Jadi hanya ada dua grup WA. Kalau yang lain ada 3-4 grup WA.”tutupnya.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.