Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan salah satu tumah sakit rujukan covid-19 di Kaltim

Kaspasitas Tempat Tidur dan ICU di RS Masih Memadai, Stok Obat Mencukupi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pemerintah mengingatkan warga yang terkonfirmasi positif covid-19 bergejala maupun memiliki komorbit agar menjalani isolasi di rumah sakit.

Hingga Jumat (18/2) pukul 18:00 WIB, pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit berada di posisi 37% dari total kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU COVID-19 nasional. Angka ini naik 1% dari sehari sebelumnya sebesar 36%.

Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, kembali mengingatkan, pentingnya masyarakat untuk terus mentaati protokol kesehatan (prokes) maupun vaksinasi.

Menurutnya, meskipun terjadi kenaikkan keterisian tempat tidur di rumah sakit, namun Nadia memastikan masih memadai. Karena telah dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan akibat omicron

“Data menunjukkan fasilitas layanan kesehatan nasional kita masih memadai,” ujar Nadia.

“Angka ini pun masih mengacu pada kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU COVID-19 yang terpasang saat ini, belum kapasitas maksimal yang dapat ditambah menjadi 150.000 tempat tidur isolasi dan ICU,” kata dr. Nadia

Selain kapasitas tempat tidur isolasi dan ICU yang masih memadai, stok obat secara nasional di 34 provinsi masih sangat cukup.

Hingga Kamis (17/2), stok Favipiravir, Remdesivir, Tocilizumab 400mg/20ml jumlahnya mencapai 82,576,620. Sementara itu, kebutuhan nasional diperkirakan 4.958.599 untuk obat-obatan tersebut.

Comments

comments

Baca juga ini :  Panglima Medan Timur Malaysia Kunjungi Kodam Mulawarman, Isu Perbatasan dan Narkoba Masuk dalam Pembicaraan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.