Rumah sakit Kanudjoso Djatiwibowo Balikpapan

Kasus Covid-19 Melonjak, Kemenkes Siapkan 156.847 Tempat Tidur di RS

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Kasus covid-19 di Indonesia melonjak dalam sepeken terakhir. Bahkan Senin (31/01/2022) kemarin, angka kasus harian mencapai 12.422.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, lonjakan kasus covid-19 karena adanya peningkatan testing dan tracing.

Mengantisipasi lonjakan kasus tersebut, Kemenkes  menyiapkan kapasitas tempat tidur perawatan Covid-19. Hal ini diharapkan hal ini dapat menjawab kekhawatiran masyarakat.

“Secara nasional, total ketersediaan tempat tidur (bed occupancy rate/BOR) perawatan Covid-19 saat ini berjumlah 78.825 yang dapat tingkatkan sampai dengan kapasitas maksimal 156.847 tempat tidur,” ujarnya

“Untuk Jakarta sendiri, BOR di 196 rumah sakit rujukan saat ini di 6.496 dari 13.777 kapasitas tempat tidur yang tersedia,”

“Dalam kondisi yang dibutuhkan, BOR di Jakarta dapat dikondisikan hingga mencapai 21.000. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir, kapasitasnya masih cukup banyak,” .

Agar angka kasus covid-19 ini tidak bertambah semakin besar, dr. Nadia meminta agar masyarakat tetap patuh untuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) 5M.

 “Jika tidak bergejala, cukup untuk melakukan isoman di rumah atau isoter, dan manfaatkan layanan telemedicine yang tersedia,” ujarnya

“Segera lakukan vaksinasi booster, dan tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan. Jangan lengah dan tetap selalu waspada,” tutup dr. Nadia.

Comments

comments

Baca juga ini :  Pekerja Batubara Dilaporkan Tenggelam di Sungai Tuana Kukar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.