Protokol Kesehatan, jaga jarak

Kegiatan dengan Jumlah Diatas 1.000 Peserta Harus Sudah Vaksin Booster, Izin Satgas Nasional dan Polisi

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasca melonjaknya kasus COVID-19 da Kota Balikpapan masuk zona merah, maka harus ada persyaratan yang wajib dipenuhi panitia maupun peserta.

Khususnya jika kegiatan yang melibatkan massa diatas lebih dari 1.000 orang yakniwWajib telah vaksin booster dan mengantongi izin Sargas COVID-19 Pusat dan kepolisian.

“Tadi sudah disampaikan terkait kegiatan besar itu sulit karena syarat, peserta, panitia sudah mesti booster diatas 1.000 orang. Kemudian harus ada izin nasional dan dari kepolisian,” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Ahmad Jais kepada awak media.

Dia mengakui, terlihat mengalami tren meningkat kasus COVID-19 belakangan. Karena berdasarkan data Jumat (15/07/2022) kemarin, kasus aktif positif COVID-19 totalnya 77 orang.

Karenanya di meminta masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) diantaranya menggunakan masker. “Memang ada tren meningkat kasus  tapi masih bisa dikendalikan,” ujarnya

“Prokes harus terus jalan terutama di tempat tertentu, yang di longgarkan kan ketika di tempat terbuka boleh membuka masker,”

Sementar terkait zona merah yang ditetapkan Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, karena indikatornya kdiaras 50 kasus. Berbeda dengan indikator Satgas COVID-19 Nasional.

“Kita melihat infografis di Provinsi Kaltim dengan hanya satu variable, kasus aktif. Kasus aktif Balikpapan ada dia angka 77, sebanyak 7 isolasi di rumah sakit, selebih mandiri,” ujarnya

Berbeda dengan Satgas Penanganan COVID-19 Nasional ada delapan indikator untuk menetapkan zona merah suatu daerah. Diantaranya jumlah kasus terkonfirmasi positif.

Lalu jumlah pasien COVID-19 yang dirawat di RS., jumlah kematian, testing, tracking dan treatment, cakupan vakinasi. “Dari 8 kriteria itu memang kita masih memungkin di PPKM Level I,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Sebanyak 3 Ribu Nelayan PPU Mendapat Asuransi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.