Home / IniCSR / Libatkan Warga Binaan, Pertamina Buka Bengkel Enduro Express di Lapas Balikpapan

Libatkan Warga Binaan, Pertamina Buka Bengkel Enduro Express di Lapas Balikpapan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Untk membangun kemandirian warga binaan Lapas Balikpapan,  Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI DPPU Sepinggan Group menggandeng Pertamina Lubricants meluncurkan  program bengkel Enduro Express Permasyarakatan Corner di Lembaga Pemasyarakatan Balikpapan, belum lama ini.

Program ini merupakan bagian CSR KREDAWALA (Kreasi Berdaya Warga Lapas) yang berfokus kepada peningkatan kapasitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalam hal keterampilan dan keahlian praktis.  Warga binaan bisa mengisi kegiatan positif selama di Lapas, dan juga dapat memberikan manfaat sebagai keterampilan utama untuk bekal mandiri setelah bebas dari Lapas.

Bengkel Enduro Express ini merupakan langkah lanjutan dari agenda pelatihan otomotif yang telah dilakukan sebelumnya mulai dari tanggal 16 Juli 2020 selama 4 minggu atau 120 jam pelajaran.

Warga binaan mendapatkan  materi pelatihan servis dan pemeliharaan sistem rem, servis dan pemeliharaan sistem bahan bakar, servis dan pemeliharaan sistem penggerak rantai, servis dan pemeliharaan sistem pelumasan, servis dan pemeliharaan sistem transmisi manual, servis dan pemeliharaan sistem transmisi otomatis, servis dan pemeliharaan sistem kelistrikan serta tune up ringan sepeda motor.

 Para WBP yang telah menerima pelatihan otomotif sepeda motor ini langsung terjun mempraktikkan ilmu yang telah diberikan selama pelatihan melalui Bengkel Enduro Express.

“Kolaborasi ini merupakan sebuah sinergi positif untuk terus meningkatkan kualitas SDM dan tenaga produktif di Indonesia. Hadirnya bengkel Enduro Express, sebagai Outlet Pelumas Pertamina di Lapas Kelas IIA Balikpapan, tidak hanya akan menjadi tempat belajar dan bekerja bagi warga binaan, namun juga sekaligus dapat menumbuhkan semangat berwirausaha di dunia perbengkelan baik untuk saat ini dan dimasa depan,” kata Didik Setiyo Nugroho, Sales Region Manager VI Balikpapan PT Pertamina Lubricants.

Didik mengatakan  dengan dukungan monitoring, promosi dan pengembangan Bengkel, pihaknya yakin Enduro Express Permasyarakatan Corner dapat memberikan nilai lebih bagi warga binaan dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Semoga sinergi ini bisa terus berlanjut.”harapnya.

 

Kedepannya kegiatan dari program ini tidak hanya menyasar WBP yang berada di dalam Lapas namun juga menyasar ex-WBP yang sudah bebas untuk didorong menjadi wirausaha dengan dukungan dari Pertamina melalui Program Kemitraan Pertamina.

Terpisah, Manager Communication Relation &  CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun menambahkan program CSR kolaborasi ini menjadi sebuah terobosan yang positif untuk meningkatkan kemampuan ekonomi  Warga Binaan Pemasyarakatan untuk dapat mandiri dan siap bersosialisasi di masyarakat.

Pertamina DPPU Sepinggan berharap dengan adanya program KREDAWALA serta kolaborasi program CSR ini dapat menjadi wadah bagi WBP untuk menambah pengetahuan dan keterampilan yang dapat mereka aplikasikan kelak ketika mereka selesai menjalani masa hukumannya.

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Minimarket Indomaret Damai Terbakar

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Minimarket Indomaret yang terletak Jalan Agung Tunggal RT 14 Kelurahan Damai Baru, …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.