Kepala BMKG Kota Balikpapan Erika Mardiyanti

Masih Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem, Pemudik Diminta untuk Tetap Pantau Cuaca

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan meminta warga yang akan mudik untuk tetap memantau cuaca. Khususnya yang mudik menggunakan kendaraan.

Kepala BMKG Kota Balikpapan Erika Mardiyanti mengatakan, saat ini memasuki masa transisi cuaca jadi musim hujan ke musim kemarau.. Namun masih beroptensi terjadi cuaca ekstrem. Sehingga masyarakat tetap diminta untuk waspasa.  

“Bulan April – Mei itu masa transisi tetap ada potensi terjadinya cuaca ekstream. Perlu diantisipasi oleh kita,” ujarnya kepada awak media pada Sabtu (15/04/2022)

Menurutnya, masyarakat harus aktif untuk mencari informasi terkait cuaca. Sehingga bisa mengantisipasi. Khususnya yang akan merencanakan mudik lebaran ataupun daerahnya yang rawan bencana banjir.

“Perlu peran kita semua, media menyebarkan infomrasi, begitu juga aparat masyarakat supaya aktif mencari informasi terkait cuaca, baik jalur darat. Walau masa kurang hujan, karena masa transisi. Bukan tidak berpotensi tidak terjadi hujan,” ujarnya

Kata dia, untuk tahun ini prakiraannya musim kemarau baru akan terjadi pada bulan Mei ataupun Juni. “Memang kita mundur, jadi di prediksi ada beberapa wilayah yang ada Mei , ada yang Juni masuk musim kemarau,” ujarnya.

Comments

comments

Baca juga ini :  Hasil Swab PCR dan Sertifikat Vaksin Terintegrasi dengan Aplikasi Peduli Lindungi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.