Prosesi penyatuan tanah dan air di Ibu Kota Negara Nusantara

Pemerintah Harus Tingkatkan Akses Pendidikan, Kesehatan dan Lapangan Kerja Bagi Warga Sekitar IKN

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Pasca ditetapkannya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Pemerintah diminta untuk menyiapkan fasilitas pendukung seperi pendidikan, kesehatan hingga lapangan pekerjaan.

Khususnya bagi masyarakat sekitar kawasan IKN maupun masyarakat adat. Karena keberadaan IKN akan berdampak pada kehidupan sosial masyarakat. Termasuk Kota Balikpapan sebagai pintu gerbang IKN.

“Jadi harus ada kapasitasnya ditingkatkan, sekolahnya diperbaiki, rumahnya diperbaiki, dikasih lapangan pekerjaan, hak-hak masyarakat adatnya tidak hilang dalam otorita,” ujar Executive Director Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad.

Fasilitas pendidikan yang ia maksud termasuk pemberian akses hingga ke jenjang pendidikan tinggi bagi pelajar di wilayah itu. “Caranya di tingkatkan SDM-nya, dilatih dan sebagainya, perlu waktu memang,” ujar Tauhid.

Kemudian pekerjaan yang permanen bagi warga sekitar, bukan hanya sekedar pekerjaan terkait proyek infrastrukturnya. Ia mengatakan masyarakat juga harus dilibatkan dalam pemerintahan apapun jabatan fungsional.

“Kasih kesempatan kerja, kasih hak secara politik,” ujar Tauhid dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Dia pun memberi contoh, lapangan pekerjaan yang bisa diberikan kepada masyarakat sekitar IKN, misalnya, diberi wewenang untuk mengatur rumah makan yang akan berdiri di wilayah itu.

 “Misalnya, kan pasti akan dibangun rumah makan, restoran dan sebagainya. Kasih masyarakat lokal, yang punya wewenang untuk mengatur mereka,” ujar Tauhid.

Comments

comments

Baca juga ini :  Warga Diminta dengan Sukarela Bongkar Barak Eks Lokalisasi Km 17

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.