Pemkot Gelar Safari Ramadhan dan Vaksinasi Covid-19 di Masjid At Taqwa

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Masjid Agung At Taqwa yang berada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Balikpapan Kota menjadi lokasi safari ramadhan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Balikpapan, Senin malam (3/05/2021).

Dalam kesempatan tersebut dihadiri langsung Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi dan sejumlah kepala OPD di lingkungan pemkot Balikpapan, Rizal dalam sambutannya kembali menyinggung terkait Pandemi Covid-19 yang bisa jadi hal tersebut merupakan cobaan dari Allah SWT, sehingga manusia diminta untuk meningkatkan ketaqwaan dan ibadahnya.

“Pandemi ini menyerang semua aspek, bukan hanya kesehatan tapi ekonomi juga berdampak, sehingga kita diminta untuk senantiasa berdoa dan beriktiar agar pandemi ini segera berlalu,” ujar Rizal Effendi saat sambutan dihadapan jamaah Masjid Agung At Taqwa.

Selain mengajak berdoa, Rizal juga mengingatkan masyarakat untuk selalu melaksanakan protokol kesehatan dan mengikuti kegiatan vaksinasi. “Vaksinasi memang menjadi salah satu cara mencegah penyebaran covid-19, namun karena masih terbatas sehingha mereka yang divaksin belum bisa semua ada skala prioritas,” kata Rizal.

Di Balikpapan dari 400 ribu orang yang masuk kategori untuk mendapat vaksin, baru 50 ribu orang yang telah mengikuti vaksinasi. “Dari jumlah tersebut ada 7.900 lansia yang sudah divaksin,”sebutnya.

Meski begitu vaksinasi hanya mampu meningkatkan atau melindungi tubuh sekitar 65 persen, sehingga prokes memang perlu dilaksanakan meski sudah pernah divaksin. Apalagi angka kasus kematian di Balikpapan semakin tinggi, dari standar nasional 2,7 persen, di Balikpapan 3,4 persen setiap hari ada yang meninggal antara dua sampai empat orang. “Saya juga dilapori Kepala DKK 43 ruang ICU dari 11 rumah sakit yang menangani covid-19, sekarang terisi 40 persen,” kata Rizal.

“Mohon betul kalau ada keluarga terkena covid-19 kalau anjurannya dibawa ke rumah sakit harus segera dilaksanakan jangan ditahan-tahan,” tambahnya.

Baca juga ini :  Update 13 April 2021 : Bertambah 158 Kasus Positif Covid-19 di Kaltim, 214 Pasien Sembuh

Sementara itu Pengurus Masjid Agung At Taqwa, Solehuddin Siregar memberi apresiasi kepada pemkot Balikpapan yang telah memberi kesempatan kepada jamaah masjid yang berusia lansia untuk mengikuti kegiatan vaksinasi.

“Dari data kami hingga sore tadi yang sudah mendaftar berjumlah 141 orang, mudah-mudahan dengan pemberian vaksin ini mencegah penyebaran covid-19 di Kota Balikpapan,” tutup Siregar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.