Raih Banyak Penghargaan, Film Women From Rote Island Tayang di Bioskop 22 Februari 2024

BALIKPAPAN, inibalikpapan.com- Film “Women From Rote Island” yang telah meraih berbagai penghargaan di festival film hingga memenangkan beberapa kategori di FFI 2023, akan segera tayang di bioskop pada tanggal 22 Februari 2024.

Film ini mengisahkan tentang perempuan bernama Martha (diperankan oleh Irma Rihi), seorang TKW kelapa sawit di Malaysia, yang mengalami pelecehan seksual. Kembali ke kampung halamannya di Rote, Nusa Tenggara Timur, Martha juga mengalami nasib serupa, bahkan dalam cerita terjadi pembunuhan.

Sutradara film ini, Jeremias Nyangoen, menyatakan bahwa kisah ini terinspirasi dari kehidupan nyata, meskipun tidak menyebutnya sebagai ‘berdasarkan kisah nyata’.

“Tapi saya tidak berani mengatakan bahwa film ini true story. Ada dua cerita yang digabung menjadi satu,” kata Jeremias Nyangoen.

Film ini juga menyoroti bahwa pemerkosaan bisa terjadi di mana saja, baik di luar negeri seperti di Malaysia maupun di Indonesia seperti yang dialami Martha.

“Pemerkosaan bisa terjadi dimana saja. Saya tidak mau membenturkan antara Indonesia dan Malaysia. Pemerkosaan itu bisa terjadi dimana saja. Ya di Rote, di Jawa, Sumatera,” ucapnya.

Selain Irma Rihi sebagai Martha, film ini juga dibintangi oleh Linda Adoe sebagai Orpa, Sallum Ratu Ke sebagai Bertha, dan Van Jhoov sebagai Damar. Meskipun para pemain tersebut merupakan debutan dalam film panjang, film ini telah meraih banyak penghargaan di FFI 2023, termasuk Film Terpanjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulisan Naskah Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

Film “Women From Rote Island” juga telah mendapatkan pengakuan internasional dengan penayangan di berbagai festival film seperti Busan International Film Festival (BIFF), Asian Film Festival Barcelona, dan akan diputar di Swedia pada bulan Maret 2024.

Comments

comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.