Sosial Distancing yang diterapkan di bandara Internasional Sepinggan Balikpapan

Satgas Covid Gelar Razia Rapid Antigen Acak di Bandara Sepinggan dan Pelabuhan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Satgas Penanganan Covid-19 Kota Balikpapan akan menggelar pemeriksaan rapid antigen secara acak di Bandara Sepinggan pada Kamis (20/05/2021) dan pelabuhan Semayang Jumat malam (21/05/2021). 

Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli mengatakan, pemeriksaan rapid antigen itu, menindaklanjuti surat edaran Wali Kota terkait pengetatan mobilitas masyarakat dari luar daerah pasca hari Raya Idul Fitri dalam rangka pencegahan dan pengendalian pandemi covid-19.

“Kita tadi sudah rapat kordinasi dengan seluruh instansi terkait pelakasanaan pengetatan mobilitas masyarakat yang datang dari luar baik pendatang maupun warga kita sendiri,” kata Zulkifli dalam konfrensi pers, Rabu (19/05/2021).

“Jadi insya Allah besok kita akan jadwalkan antar jam satu  sampai jam dua (siang) itu pengecekan antigen di bandara, sampling secara acak,”ujarnya.

Di Bandara mekanismenya akan sama, pihaknya menyiapkan 50 rapid antigen hanya saja lebih kepada mereka yang menggunkan GeNose yang akan dites lagi menggunkan antigen dan ini juga akan dibagi kedua jalur pemeriksaan kedatangan yakni diutamakan  hanya warga tujuan Balikpapan. 

“Baik di Pelabuhan dan Bandara tes antigen ini gratis tanpa dipungut biaya,” tandasnya. 

Kemudian pada Jumat malam (21/05/2021) dilanjutkan pemeriksaan rapid antigen di Pelabuhan Semayang. Karena ada kapal dari pare-pare yang akan masuk ke Balikpapan. Sehingga dilakukan pencegahan.

 “Kemudian Isnya Allah tanggal 21 hari Jumat, malam Sabtu jam tujuh ada jadwal kedatangan kapal dari Pare-Pare, kita akan lakukan juga tes acak untuk antigen,” ungkapnya. 

“Kami targerkan minimal 100 sample ancak antigen akan kita laksanakan,” ujar Zulkifli saat diwawancarai awak media, Rabu (19/5/2021).

Zulkifli menambahkan, adapun pelaksanaan antigen secara acak akan dilaksanakan petugas DKK, untuk teknisya di lapangan akan dibuat dua jalur bagi penumpang yang turun dari kapal. 

Baca juga ini :  Tingkatkan Kemampuan Personil, Angkasa Pura I Balikpapan Gelar Hot Drill

“Jadi bagi penumpang yang hanya transit di Kota Balikpapan tidak akan kita lakukan pemeriksaan antigen, tapi bagi mereka yang tujuan akhirnya Kota Balikpapan baik pendatang atau warga yang mudik maka akan dilakukan tes antigen secara acak,” jelasnya. 

Dia menambahkan, dalam surat edaran nomor : 300/1806/Pem salah satu yang diatur yakni bagi pendatang wajib menunjukkan surat tes rapid atigen ataupun swab PCR yang hasilnya negatif.

“Untuk dijalur darat juga begitu akan dilakukan antigen secara acak, tapi saat ini masih dikoordinasikan dan melihat terlebih dahulu yang dilaksnakan di pelabuhan dan bandara, hal ini juga berkaitan dengan ketersedian antigen,” tutup Zulkifli.

 

 

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.