Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito

Satgas Ingatkan Potensi Importasi Kasus Covid-19 Wilayah Aglomerasi

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Satgs Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah agar mewaspadai Potensi importasi kasus lintas daerah dalam satu kawasan aglomerasi dengan melonjaknya kasus covid-19. Termasuk varian omicron.

“Untuk itu dimohon Gubernur, Walikota maupun bupati, khususnya pada provinsi yang sedang mengalami kenaikan kasus untuk terus memantau kondisi kasus dan mengoptimalisasi koordinasi dalam pengendalian COVID-19,” Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito

Harus ada langkah pencegahan penularan yang dilakukan antar kota dan kabupaten . “Maka perlu adanya kekompakan antar Pemerintah Daerah untuk mengupayakan strategi pencegahan penularan kasus,” tambah Wiku.

Kasus positif nasional meningkat dalam 3 minggu terakhir sebesar 5 kali lipat dari 1.123 kasus menjadi 5.454 kasus. Namun, peningkatan kasus positif ini tidak diikuti dengan peningkatan kematian.

Tetapi, secara bersamaan pola kasus positif yang meningkat setiap harinya menjadikan angka kasus aktif pun ikut meningkat. Minggu ini saja, kasus aktif berjumlah 8.605 kasus dimana Naik lebih dari 3.000 dibandingkan minggu lalu yang hanya 5.494 kasus. 

Antisipasi sejak dini menjadi kunci pencegahan penularan secara optimal. Berbagai upaya maksimal dilakukan untuk menekan kenaikan kasus, baik dari transmisi lokal maupun PPLN.

Masyarakat dihimbau tetap mempertahankan kedisiplinan protokol kesehatan, mematuhi aturan yang berlaku seperti penggunaan aplikasi Peduli Lindungi serta memenuhi syarat tes untuk beraktivitas dan melakukan perjalanan.

“Selain itu perlu saya tekankan, salah satu peran kunci masyarakat dalam mencegah meluasnya penularan adalah dengan menunda perjalanan ke luar negeri yang tidak mendesak,” ujarnya

Comments

comments

Baca juga ini :  Lebaran Pasar Tetap Buka, Mall Tutup Satu Hari

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.