Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito

Satgas Umumkan Indonesia Masuk Gelombang Kedua Covid-19

JAKARTA, Inibalikpapan.com – Satgas Penanganan Covid-19 Nasional menyatakan. Indonesia masuk gelombang kedua kasus covid-19 setelah adanya lonjakkan

Dimana minggu lalu, Indonesia mencatatkan rekor baru angka kasus positif harian selama pandemi Covid-19, yakni bertambah 21.345 kasus dalam satu hari. Sedangkan untuk minggu ini tercatat mencapai 125.396 kasus.

Angka kasus mingguan ini lebih tinggi dari puncak kasus yang terjadi pada Januari 2021. Pada saat itu jumlah kasus mingguan mencapai angka 89.902.

“Hal ini menandakan second wave atau gelombang kedua kenaikan kasus Covid di Indonesia,” jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito dilansir dari suara.com jaringan inibalikpapan.com

Satgas mengungkapkan bahwa pada puncak kasus pertama, kenaikan dari titik kasus terendah sebesar 283 persen dan memuncak dalam waktu 13 minggu.

Sedangkan pada puncak kedua kali ini, kenaikan dari titik kasus terendah mencapai 381 persen atau hampir 5 kali lipatnya dan mencapai puncak dalam waktu 6 minggu.

Padahal sebelumnya sempat mengalami penurunan kasus sejak puncak pertama, yaitu selama 15 minggu dengan penurunan hingga 244 persen.

Angka ini memperlihatkan bahwa dampak dari libur panjang terhapa lonjakan kasus sangatlah cepat, meski awalnya kenaikan terlihat normal dan tidak terlalu signifikan.

“Memasuki minggu ke-4 pasca periode libur kenaikan meningkat tajam dan berlangsung selama tiga minggu hingga mencapai puncak kedua di minggu terakhir,” ujar Wiku.

Selain dikarenakan mudik, lonjakan kasus juga disebabkan munculnya beberapa varian baru Covid-19 yang telah masuk ke Indonesia diperparah dengan mobilitas yang tinggi.

www.suara.com

Comments

comments

Baca juga ini :  Langgar Jam Operasional, Tiga Cafe dapat Teguran Tertulis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.