5 Rumah di Manggar Sari Terbakar Akibat Ledakan Sumur Bor

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com – Sekitar limar rumah hangus terbakar akibat ledakan gas yang berasal dari galian sumur bor milik warga di RT Rt 31, Jalan Manggar Damai Manggar Sari Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur pada Senin malam (28/1/2019).
Ledakan terjadi setelah azan magrib Api yang menimbulkan kepanikan warga dan sejumlah petugas yang awalnya mengecek adanya galian sumur air yang mengeluarkan gas.

Wiro warga yang ikut membantu memadamkan api mengatakan awalnya pengeboran yang dilakukan warga hanya keluar air dan pasir. Namun kemudian keluar gas yang tidak lama kemudian terjadi ledakan.

“Ngebor sudah keluar air sedikit terus keluar gas. Menjelang habis magrib ada ledakan. Kronoliginya ngak tahu hanya dengar ledakan api. Itu dari sumbur bor,” ujar Wiro (28/1/2019).

Dari pengetahuan, ada sekitar 4-5 rumah yang terbakar akibat ledakan dari gas yang berasal dari galian sumur bor warga.

Sementara seorang pengebor Golan juga warga sekitar mengatakan pengeboran yang dilakukan warga sudah dilakukan selama 3 hari.

“Kedalaman 40 meter. yang keluar air dan pasir. Nggak khawatir memang yang keluar murni air saja,”tuturnya sebelum terjadi ledakan.
Petugas BPBD Balikpapan Usman mengakui ledakan berasal dari lubang sumur yang digali warga mengandung gas. “Kami coba menutup lubang gas dan menungu dari tim Pertamina,” ujarnya Senin malam.

Saat itu juga warga bersama relawan dan petugas pemadam melakukan upaya pemadaman. “Ada 5 unit pemadam yang kita turunkan dan lainya masih siagakan. Mohon doanya supaya bisa memadamkan api dengan cepat,” harapnya.

Belum diketahui pasti penyebab terjadinya ledakan atau penyulut gas mengeluarkan api.

Hingga pukul 20.15, api masih menyala terutama di arela titik bor yang mengeluarkan gas. Di lokasi, petugas dari BPBD Balikpapan dibantu pemadam dari Chevron, Pertamina, dan personil dibantu TNI Polri dan Info Bencana bersama relawan bencana memadamkan api agar tidak membesar ke rumah warga lainya.

Baca juga ini :  10 Hari Sebelum Lebaran, THR ASN Cair

“Kita sementara tutup pakai pasir tapi pengalaman kita memang ini butuh penanganan khusus dari tim. Tapi kita lakukan pendinginan disekitar yang terbakar,” tukas Usman.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.