Selama Covid 2020, Pekerjaan Fisik Normal, Hanya Makan Minum dan Perjalanan Dinas Alami Penurunan

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Komisi III DPRD menyambut positif meskipun sedang dalamkondisi covid untuk kegiatan fisik yang dilakukan di OPD terkait masih berjalan normal.

Namun ada juga yang realisasi kegiatan hanya mencapai 69 persen lebih dikarena covid seperti belanja makan dan minum serta perjalanan dinas.

“Ada pos yang capaian 69,7 persen iut belanja barang danjasa karena covid tidak teraliasasi itu makan dan minum karena rapat dilakukan tidak tatap muka tapi virtual.  Itu jadi silpa,” ungkap Sekretaris KOmisi III DPRD Ali Munsyir Halim saat rapat dengan Bagian Pembangunan, Senin (25/01/2021).

Lanjut Ali, begitu untuk perjalanan dinas, anggaran banyak tidak dipakai karena dalam covid. Berbeda dengan situasi pada tahun-tahun sebelumnya.

Sedangkan untuk pembiyaan pembangunan sebutnya mencapai 99,1 persen.

“Alhamdulillah era covid pembangunan masih jalan masih normal, pengeluaran biaya itu 99,1 persen,” ucapnya.

“Kalau Belanja modal 94 persen belanja langsung dan tidak langsung. Itu kita breakdown ya,” sambungnya.

Hasil pembangunan 2020 itu diketahui Komisi III dari rapat dengan bagian pembangunan kota Balikpapan.

Bagian pembangunan kata politisi Demokrat ini, memiliki mekanisme monitoring terhadap pembangunan fisik.

“Mereka melakukan monitoring pembangunan fisik dan non fisik namanya Siperangko. Hasil monitoring 2020 diketahui bahwa pengeluaran pembiayaan hasil monitoring 99 ,1persn. Cukup bagus. Penerimaan pembiyaan itu 100 persen. Sama dengan yang disampaikan Bappeda Litbang dan PU,” ujarnya.

Siperangko ini merupakan aplikasi yang dibuat bagian pembangunan untuk masing-masing OPD mengisi kegiatan fisik yang telah dilakukan selama tahun berjalan

“Jadi kalau ada OPD yang terlambat itu tidak bisa masuk, penyelesaian tidak 100 persen jadi sangat bergantung pada OPD ida memasukan laporan itu,” tukasnya

Comments

comments

About andi aa

Check Also

Rizal: BSCC DOME Lokasi Penyuntikan Vaksin, Yakin Seminggu Selesai

BALIKPAPAN, Inibalikpapan.com — Pemerintah Kota Balikpapan saat ini tengah mempersiapkan rencana pemberian vaksin covid-19 tahap …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.