Andi Sri Juliarty

Semua Pasien Positif, PDP dan ODP Ditanggung Pemerintah

BALIKPAPAN, inibalikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan memastikan semua pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona atau cobid-19 biayanya ditanggung negara. Karena menjalani isolasi di rumah sakit.

“Pokoknya kalau sudah PDP negara yang tanggung,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Andi Sri Juliarty,usai konfrensi pers, Jumat )3/04).

Dia mengungkapkan, meskipun nantinya setelah menjalani isolasi di rumah sakit hasil pemeriksaan pasien tersebut dinyatakan negatif, tetap biasa akan ditanggung Pemerintah “Negatif tetap negara yang bayar,” ujarnya.

Kata dia, PDP yang hasil pemeriksaannya negatif, maka akan dipulangkan, namun masih tetap menjalani isolasi mandiri di rumah. “Kalau dibesuk keluarganya, gak apa-apa asal tetap menggunakan masker,” ujarnya.

Menurutnya, PDP yang negatif kemudian dipulangkan masih tetap akan terus dipantau petugas kesehatan.“Jadi gak boleh keluar rumah, kecualia di halamank berjemur dan kita akan pantau terus perkembangannya,” ujarnya.

Senada Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menambahkan, seluruh biaya ditanggung Pemerintah. Tak ada yang bayar pribadi. Hanya saja, nanti ada pembagian, mana yang ditanggung Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota.

“Sekali lagi semua pasien yang ODP, PDP positif, semua ditanggung oleh negara, nanti negara berbagi ada yang di cover pemerintah pusat, ada yang pemerintah provinsi, ada yang di cover pemerintah daerah,” ujarnya

“Tapi semuanya dibayar oleh negara. Jadi tidak ada pungutan kepada mereka baik yang status ODP,PDP dan positif spanjang itu di diagnose oleh dokter.

Saat ini jumlah PDP di Kota Balikpapan bertambah 2 orang menjadi 36 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 1.261 orang. Kabar baiknya 3 pasien yang awalnya positif corona kini dinyatakan negatif.

Baca juga ini :  Keluarga H Rahmad Mas'ud Ikut Kampanyekan Tas Purun Ramah Lingkungan Untuk Kantong Daging

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.